Inilah 8 Obat Radang Tenggorokan Alami (Tradisional) yang Ampuh

Inilah 8 Obat Radang Tenggorokan Alami (Tradisional) yang Ampuh/- -

Radang tenggorokan atau faringitis cukup sering diderita oleh kebanyakan orang. Menderita penyakit ini benar-benar membuat penderitanya merasa sangat tidak nyaman karena sangat susah menelan sehingga tidak bisa memakan atau meminum apapun.

Radang tenggorokan tidak bisa disepelekan karena bisa jadi merupakan gejala penyakit lain yang lebih serius dan juga bisa menyebabkan komplikasi penyakit lain yang lebih berbahaya. Jika menemukan gejala radang tenggorokan pada diri anda, segeralah memeriksakan diri ke dokter atau akan menanggung resiko rasa sakit yang lebih parah dan lebih hebat.

Radang tenggorokan memang bisa diredakan dengan obat yang di beli di apotik namun akan lebih baik jika diperiksakan dahulu ke dokter untuk mengetahui apa penyebabnya.Radang tenggorokan yang lebih dikenal dengan nama faringitis merupakan peradangan pada bagian belakang faring atau tenggorokan. Beberapa bagian tenggorokan yang terlibat adalah:
– Langit-langit lunak pada bagian belakang
– Bagian sepertiga belakang lidah
– TonsilFaringitis /Radang Tenggorokan secara garis besar disebabkan oleh 2 hal yaitu penyebab infeksi (bakteri dan virus) dan penyebab non infeksi (alergi, GERD atau tumor).

Penyebab radang tenggorokan karena Infeksi antara lain:

1. Infeksi virus
Virus adalah penyebab tersering dari radang tenggorokan. Berkontribusi sebesar 80% terhadap terjadinya penyakit radang tenggorokan. Penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus bisa memicu faringitis. Karenanya segera obati penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut. Penyakit karena infeksi virus yang bisa menyebabkan faringitis antara lain:

  • Influenza – Radang tenggorokan yang disebabkan oleh influenza sangat mudah menular dan umumnya berlangsung selama 5-10 hari. Sangat terasa terutama pada pagi hari dan membaik pada esok atau lusanya.
  • Mononucleosis (mono) – Mononucleosis disebabkan oleh virus eipstein bar dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh. Mempengaruhi sistem limpa dan menyebabkan tonsil membesar. Inilah yang menyebabkan tenggorokan terserang radang.
  • Common cold
  • Virus cacar air (hand, foot and mouth disease)
  • Virus campak
  • Virus croup

2. Infeksi bakteri:
Menyebabkan faringitis dan berkontribusi sebesar 20% dalam menyebabkan radang tenggorokan atau faringitis. Bakteri yang menjadi penyebab antara lain streptococcus pyogenes

    • Streptococcus pyogenes atau group A streptococcus
      Radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri ini harus segera mendapatkan penanganan dokter dan diberikan antibiotik. Jika tidak, radang tenggorokan bisa bertambah parah dan bakteri bisa menyerang katup jantung dan memunculkan demam rhematik atau bahkan menyerang organ ginjal. Dinyatakan terserang bakteri setelah diperiksa dengan tes kultur tenggorok dan dites di laboratorium.
    • Infeksi saluran pernafasan yang menular
      Infeksi saluran nafas yang menular juga bisa memicu terjadinya radang tenggorokan atau faringitis. Bakteri yang menyebabkan infeksi saluran nafas bisa ditularkan melalui ludah, sentuhan tangan ke mulut serta barang-barang pribadi milik penderita.
    • Difteri
      Difteri atau batuk rejan merupakan penyakit serius yang lebih banyak terjadi di negara berkembang. Pada dasarnya memang sudah menyerang saluran nafas dan menyebabkan tenggorokan penderitanya mengalami rasa sakit dan berakhir dengan terjadinya faringitis atau radang tenggorokan.

Sedangkan beberapa penyebab radang tenggorokan yang sifatnya non infeksi antara lain:

  • Kering tenggorokan
    Kering tenggorokan disebabkan udara yang sangat panas dan kurang minum air putih atau bernafas melalui mulut terlalu sering akibat hidung tersumbat bisa juga menyebabkan tenggorokan kering dan menjadi radang.
  • Alergi
    Alergi terhadap benda-benda yang ada di sekitar seperti buku hewan, debu, udara dingin, jamur bisa menyebabkan terjadinya radang tenggorokan. Penderita alergi lebih rentan menderita radang tenggorokan.
  • GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)
    Merupakan gangguan pencernaan di mana isi lambung atau asam lambung naik kembali ke esofagus. Asam yang bersifat iritatif ini dapat menyebabkan terjadinya radang pada tenggorokan. Gejala lain yang mungkin menyertai antara lain suara serak, perut mulas, regurgitasi isi perut serta benjolan di tenggorokan.
  • AIDS
    Setelah terinfeksi HIV, seseorang biasanya lebih mudah terserang virus dan mengalami infeksi jamur. Tanda awal gejala HIV juga menyerupai influenza atau radang tenggorokan. Orang yang menderita AIDS bisa mengalami radang tenggorokan kronis atau berulang.
  • Iritasi pada tenggorokan
    Iritasi yang terjadi pada tenggorokan dapat menyebabkan terjadinya radang tenggorokan. Iritasi bisa disebabkan oleh makanan seperti gorengan, makanan kering dan pedas, keripik. Gaya hidup yang tidak sehat juga bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan seperti merokok, minum minuman beralkohol dan menghirup terlalu banyak polusi.
  • Tumor
    Penyebab paling jarang radang tenggorokan. Tumor atau kanker pada lidah atau daerah sekitar tenggorokan bisa menyebabkan terjadinya radang tenggorokan. Gejala lain yang mungkin menyertai antara lain sulit menelan dan nafas berbunyi, terdapat benjolan di leher serta adanya darah dalam air liur atau dahak ketika batuk.

Terjadinya faringitis disertai dengan beberapa gejala yang bisa dirasakan atau dilihat pada penderitanya. Gejala faringitis sangat spesifik tergantung dari penyebabnya.
Gejala Faringitis Akibat infeksi virus:

  • Batuk dan bersin menyerupai gejala flu
  • Demam tinggi. Bisa juga tanpa disertai demam
  • Terdapat cairan di belakang hidung
  • Gatal dan kering pada tenggorokan
  • Suara parau atau serak

Gejala faringitis akibat infeksi bakteri streptococcus:

  • Amandel dan kelenjar leher membesar
  • Rasa sakit saat menelan
  • Demam lebih dari 38 derajat celcius dan sering disertai menggigil
  • Terdapat bercak-bercak putih pada bagian belakang tenggorokan dan warna cerah pada bagian belakang tenggorokan

Gejala umum pada radang tenggorokan antara lain:

  • Peningkatan jumlah leukosit
  • Pembesaran kelenjar getah bening di leher
  • Demam
  • Tenggorokan terasa sakit
  • Sulit menelan
  • Sakit kepala
  • Ruam
  • Badan terasa lelah
  • Nyeri sendi
  • Sakit perut dan disertai dengan muntah

Cara Menyembuhan Radang Tenggorokan

Gejala faringitis bisa dikurangi dengan mengkonsumsi obat-obatan ibuprofen atau parasetamol untuk mengatasi demam dan rasa sakit. Namun sebaiknya pergi ke dokter saja untuk mengetahui penyebab pasti dan cara menangani faringitis yang diderita. Obat-obatan tersebut hanya digunakan untuk meredakan gejala saja bukan untuk mengobati faringitis sepenuhnya. Selain ibuprofen atau parasetamol, bisa juga mengkonsumsi obat kumur anestetik (Anestheticthroat gargle) dan ini merupakan obat radang tenggorokan yang paling cocok untuk penderita faringitis karena umumnya penderita sulit menelan sehingga berkumur adalah cara terbaik untuk meredakan gejala radang tenggorokan.

Jika menginginkan cara alami sebagai obat radang tenggorokan, maka hal ini bisa dilakukan dan tidak kalah ampuh jika dibandingkan dengan obat-obatan kimia pada umumnya. Bahan yang digunakan untuk mengobati pun mudah ditemukan dan cara meramu bahan-bahan tersebut sangat mudah sehingga bisa dilakukan oleh siapapun.

Obat Radang Tenggorokan Yang Alami :

1. Daun kemangi
Minum air rebusan daun kemangi atau bisa dengan berkumur saja jika terlalu sulit menelan.

2. Madu dan lemon
Kombinasi madu dan lemon merupakan obat yang paling ampuh untuk mengobati radang tenggorokan. Caranya adalah dengan mencampurkan madu dan lemon pada secangkir air hangat. Jika punya masalah dengan pencernaan sehingga tidak bisa mengkonsumsi lemon maka cukup gunakan madu saja karena madu berfungsi sebagai antibiotik alami.

3. Jus lemon
Peras ½ buah lemon hingga menjadi 2 sendok makan ke dalam air hangat. Jangan tambahkan gula di dalamnya. Minumlah 2-3 kali sehari 30-60 menit sebelum makan.

4. Teh dan jahe
Rebus jahe yang telah ditumbuk dan campurkan ke dalam secangkir teh hangat. Ini akan membuat tenggorokan terasa lebih baik dan bisa meredakan gejala peradangan yang sedang diderita.

5. Campuran kunyit, garam dan air
Campurkan kunyit dan satu sendok teh garam ke dalam 200 ml air hangat dan gunakan untuk berkumur.

6. Jus buah belimbing
Buat jus dari 100 gram buah belimbing manis dan minumlah dengan teratur.

7. Bawang putih
Bawang putih diketahui mengandung allicin yang merupakan senyawa antibakteri dan kunyah bawang putih agar senyawa yang ada di dalamnya bisa berguna mengatasi radang tenggorokan. Cara ini ampuh terutama jika faringitis yang diderita disebabkan oleh infeksi bakteri.

8. Makan sup ayam
Saat menderita radang tenggorokan, biasanya penderita akan menolak untuk makan karena tenggorokan akan terasa sangat sakit saat menelan. Hal ini menyebabkan penderita kekurangan nutrisi yang bisa melawan peradangan. Cobalah untuk makan sup ayam yang disajikan dalam keadaan hangat dan sedikit masam. Dengan demikian, tenggorokan akan terasa lebih baik dan nutrisi akan terpenuhi.

Inilah 8 Obat Radang Tenggorokan Alami (Tradisional) yang Ampuh
5 (100%) 1 vote

Kesehatan Tenggorokan

« Previous Post
Empat Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Bahan Alami
Empat Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Bahan Alami
Next Post »
8 Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat dan Tepat
8 Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat dan Tepat

Related Post

Source : Paramudi

Artikel Informasi Kesehatan Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top