Empat Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Bahan Alami

Empat Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Bahan Alami/- -

Kutu rambut merupakan salah satu masalah rambut yang sangat menganggu dan menjadi salah satu masalah rambut paling serius di masyarakat.Berubahnya pola hidup yang serba dimudahkan sehinggamuncullah berbagai produk kimia yang digunakan untuk tubuh menjadi salah satu penyebab datangnya kutu pada rambut.Kutu rambut pada umumnya banyak sekali menyerang anak-anak. Kemudain orang dewasa akan tertular mempunyai kutu rambut. Hal tersebut sagatlah disayangkan para Orang tua. Anak-nak yang mempunyai kutu rambut cenderung akan menggaruk kulit kepalanya. Tak banyak kulit kepala mereka menjadi merah dan luka karena terlalu keras menggaruk.

Adanya kutu pada rambut membuat si penderita sering menggaruk kepala akibat parasit yang tinggal pada rambut mereka.Kutu pada rambut menghisap darah inangnya sehingga menyebabkan kulit kepala menjadi gatal. Jika tidak segera dilakukan perawatan, maka kutu akan semakin banyak. Karena nantinya kutu betina akan bertelur sebanyak enam buah setiap harinya dank utu tersebut akan menetas setelah kurang lebih 8 hari.

Kutu rambut merupakan salah satu masalah rambut yang dibilang serius. Karena permasalahan kutu rambut bisa menular ke orang lain. Beberapa penelitian mengatakan bahwa orang disekitar penderita kutu rambut akan otomatis juga mengalami permasalahan yang sama, yaitu kutu rambut. Pasalnya kutu rambut akan terbang ke kepala orang lain ketika si penderita beriterksi dengannya. Kebanyakan dari mereka adalah keluarga, teman dekat atau bahkan kekasih.Oleh karena itu, berhati-hatilah jika Anda mengetahui teman Anda mempunyai masaah kutu rambut.Jangan dijauhi, namun cukup lebih waspada jika berinteraksi dengannya.

Untuk membasmi kutu rambut itu, tidaklah mudah.Anda harus melakukannya secara berkala dan harus sabar. Karena yang dibuang bukan hanya kutunya saja, namun dengan telur-telur yang sudah ada di rambut Anda Jika dibiarkan telurnya akan menetas dan menjadi kutu berikutnya. Oleh karena itu, menghilangkan kutu pada rambut perlu dibasmi pula telur-telur yang bersarang pada rambut.Cara menghilangkan kutu rambut juga banyak sekali metodeya.Salah satu caraya adalah dengan menggunakan bahan alami yang ada disekitar sekolah atau tempat tinggal.Namun ada juga yang menggunakan obat kimia seperti peditox yang memang obat atau sampo yang khusus untuk menghilangkan kutu pada rambut.

Untuk itu, berikut adalah ulasan tentang tips cara menghilangkan kutu rambut secara alami tanpa ada obat kimia. Jika Anda mengalami masalah yang sama, yaitu kutu rambut, sebaikya Anda tidak menggaruknya secara keras karena akan mengakibatkan iritasi pada kulit kepala Anda. Selain itu jangan gunakan shampoo yang terbuat dari bahan bias seperti shampoo lainnya. Karena hal tersebut tidak akan membunuh telur kutu yang ada di rambut. Sehingga sedikit sulit untuk mencarainya satu persatu dengan cara manual. Karena kutu rambut akan semakin banyak bertemur tiap harrinya. Sehingga akan semakin bnayak kutu yang ada, karena kutu merupakan makhluk kecil yang pandai berkembang dengan cepat.

Penyebab Munculnya Kutu Rambut

Adanya kutu pada rambut Anda bukan karena kebetulan.Namun ada beberapa penyebab ekternal dan internal yang membuat kutu betah berada di rambut Anda. Bahkan penyebaran kutu pada penderita lain juga menjadi salah satu penyebab adanya kutu di rambut. Penggunaan barang-barang yang bergantian dengan penderita kutu bisa menjadi penyebabnya juga.

Kutu rambut akan menempel pada benda-benda yang pernah dipakai di kepala penderita. Seperti sisir yang pernah dipakai oleh penderita lalu dipakai lagi oleh orang lain. Maka orang tersebut akan tertular kutu rambut. Sama halnya dengan penutup kepala seperti topi. Kutu rambut akan menyebar melalui benda-benda seperti itu. Kutu akan bersembunyi di sela-sela sisir ataupun topi kemudian akan menempel lagi ke rambut orang yang memakainya.

Selain itu, penggunaan bahan kimia berlebihan pada shampoo juga menjadi salah satu penyebab munculnya kutu. Kadang kulit kepala kita tidak cocok menggunakan salah satu jenis shampoo sehingga kulit kepala kita akan cepat kotor dan memicu munculnya kutu.

Simak juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok pada Pria maupun Wanita

Kutu senang sekali berada di tempat yang kotor. Sehingga kutu akan lebih betah tinggal lama pada rambut yang kotor. Rambut yang jarang dicuci dan dirawat akan menjadi tempat sarangnya kutu. Kutu akan semakin cepat berkembang jika berada di rambut yang kotor dan berkeringat.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Untuk mengatasi masalah kutu yang semakin serius, hal utama yang harus dilakukan adalah mengusir kutu yang ada di rambut Anda.Setelah kutu yang ada di rambut hilang, barulah secara rutin menghilangkan telur kutu. Ada beberapa cara alami yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan kutu. Seperti yang akan dibahas dibawah ini:

1. Hilangkan kutu dengan Almond dan cairan Alkohol

Almond merupakan bahan alami terbaik untuk menghilangkan kutu.Lakukan perawatan rumhan pada rambut Anda.Rendam 10 biji almond dalam air semalaman. Kemudian setelah pagi hari, haluskan almond dengan cara ditumbuk atau diblender hingga menjadi pasta pekat. Tambahkan tiga sendok air remasan lemon atau jeruk nipis pada pasta. Lalu oleskan krim tersebut pada kulit kepala atau rambut/ Diamkan selama kurang lebih 2 jam. Kemudian langkah terakhir adalah cuci bersih rambut yang sudah diolesi oleh kacang almond tersebut.

Sedangkan dengan menggunakan Alkohol, cukup usapkan cairan alcohol pada seluruh permukaan rambut dan kulit kepala.Lalu gosok secara perlahan.Setelah itu cuci rambut sampai bersih menggunakan shampoo.Setelah kering sisir rambut dengan menggunakan sisir rapat agar kutu-kutu yang mati dapat diangkat.Bahan ini aman digunakan dan keberhasilannya sangat terjamin, tergantung seberapa berani Anda mencobanya.Lebih berhati-hati jika menggunakan cara ini, kulit kepala yang terluka akan terasa perih jika terkena Alkohol.

2. Kutu kan mati dengan Jus Lemon dan Minyak Zaitun

Buatlah jus lemon lalu siramkan pada pada rambut Anda. Diamkan selama setengah jam, lalu bials dengan menggunkan air bersih untuk keramas. Dengan menggunkan cara ini, kutu akan tersiksa dengan kandungan asam pada jus lemon.

Sedangkan untuk minyak zaitun merupakan minyak yang tidak pernah sepi peminatnya.Minyak hasil ektraksi dari buah zaitun ini sangatlah terkenal karena khasiatnya yang sangatlah banyak dan berguna untuk bidang kesehatan dan kecantikan, salah satunya untuk menghilangkan kutu.Oleskan minyak zaitun pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala.Kemudian tutup rambut Anda dengan shower-cap, kemudian tidurlah dengan posisi terlentang.Keesokan harinya cuci rambut Anda sampai benar-benar bersih.

3. Bawang merah dan Minyak Kelapa

Kandungan sulfur yang terdpat pada bawang merah membuat bawang merah menjadi salah satu rempah alami untuk membasmi kutu pada rambut. Siapkan 4-5 butir bawang merah lalu haluskan sampai berbentuk pasta kental.Balut dengn kain kemudian peras sampai keluar airnya, kemudian tamping dalam mangkok. Air perasan bawang merah oleska pada rambut daan kulit kepala Anda secara menyeluruh dan setelah selesai tutup dengan meggunakan shower-cap. Diamkan selama kurang lebih dua jam.Setelah itu, cuci bersih rambut Anda dengan sampo namun harus menggunakan air hangat.Keringkan dengan handuk sambil sisir secara perlahan dengan sisir rapat untuk membuang kutu yang sudah mati.

Penggunaannya hampir sama dengan menggunakan minyak kelapa biasanya. Oleskan minyak kelapa kepada seluruh permukaan rambut dan kulit kepala, setelah itu tutup dengan shower-cap.Diamkan selama semalaman penuh.Keesokan harinya cuci bersih rambut dengan shampoo, setelah kering sisir rambut dengan menggunakan sisir kutu.

4. Cuka dan Daun Sirsak untuk menghilangkan telur kutu

Kadar asam asetat dalam cuka cukup membantu dalam membunuh kutu dan juga telurnya.Tetapi efek samping setelah pemakaian menjadi permasalahan.Untuk itu tuang beberapa air terlebih dahulu sebelum menggunakan cuka.

Daun sisrsak yang direbus ternyata airnya dapat digunakan untuk menghilangkan kutu.Cukup dengan mencuci rambut menggunakan air rebusn sirsak.Tapi sebelumnya pastikan terlebih dahulu apakah rambut Anda bersih atau tidak.

Nah, uraian diatas merupakan uraian tentang cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan alami disekitar kita. Tips diatas akan lebih efektif jika pengerjaannya dilakukan selama seminggu sekali secara rutin. Agar semua kutu berserta telur-telur yang semakin banyak bisa hilang secara keseluruhan.

Empat Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Bahan Alami
5 (100%) 5 votes

Kecantikan Rambut

« Previous Post
5+ Cara Diet Paling Cepat Yang Sehat dan Alami
5+ Cara Diet Paling Cepat Yang Sehat dan Alami
Next Post »
Inilah 8 Obat Radang Tenggorokan Alami (Tradisional) yang Ampuh
Inilah 8 Obat Radang Tenggorokan Alami (Tradisional) yang Ampuh

Related Post

Source : Paramudi

Artikel Informasi Kesehatan Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top