5+ Cara Diet Paling Cepat Yang Sehat dan Alami

5+ Cara Diet Paling Cepat Yang Sehat dan Alami/- -

Cara Diet Cepat merupakan langkah yang paling disukai dan diinginkan oleh mereka yang memiliki kelebihan berat badan.

Apakah anda merasa gemuk, ada lipatan di paha, tonjolan di perut, pipi yang chabby, lengan besar, kelebihan berat badan dan merasa kelebihan lemak ?. Ya mungkin tidak hanya anda yang merasa seperti itu. Banyak diantara kita yang merasakan hal yang sama. Badan Proporsional dan ideal adalah dambaan setiap orang. Untuk mendapatkan badan yang proporsional memang tidak mudah ada orang yang tidak perlu menerapkan langkah-langkah untuk bisa mendapat berat badan yang ideal karena memang sudah ada faktor genetika untuk tetap kurus, akan tetapi ada pula yang harus berusaha melakukan cara-cara agar mendapatkan berat badan yang ideal. Bagi mereka yang memiliki berat badan berlebihan harus menentukan cara supaya bisa mencapai berat badan yang ideal, salah satunya adalah dengan program diet.

Daftar Isi Cara Diet Cepat

  • Apa Saja Penyebab Obesitas
  • Pembagian Jenis Obesitas
  • Beberapa Cara Diet Yang Sehat dan Alami
    – Banyak Minum Air Putih
    – Bergerak / Olahraga Teratur
    – Makanan Kaya Serat, Vitamin Seimbang, Hindari Makanan Berlemak
    – Perhatikan Jam Makan Malam
    – Cemilan Dengan Buah

Banyak kita lihat di media elektronik maupun media cetak, obat obatan kimia, herbal, ataupun suplemen pelangsing tubuh baik impor maupun lokal yang menjanjikan dapat menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Namun itu semua tetap saja akan menimbulkan efek samping jangka panjang maupun jangka pendek, dan memang belum tentu cocok dengan keadaan tubuh anda dan belum tentu juga aman bagi tubuh. Belum lagi kita harus merogoh kocek yang tidak sedikit untuk membeli produk – produk seperti itu. Ada baiknya kita melakukan program diet secara sehat dan alami. Cara diet cepat biasanya dilakukan oleh orang orang yang ingin merubah penampilan menjadi proporsional secara cepat. Ada cara diet cepat yang sehat dan alami asalkan dilakukan dengan niat dan keinginan yang serius untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Apa Saja Penyebab Obesitas

Ada baiknya kita mengetahui apa sajakah penyebab obesitas atau kegemukan bisa terjadi. Diantara disebabkan oleh faktor berikut :

  1. Faktor kurangnya aktivitas fisik.
    Seseorang yang tidak banyak aktivitas otomatis cenderung mengalami kelebihan berat badan, dan biasanya terjadi pada negara makmur dan pada orang-orang menengah ke atas. Kurangnya aktivitas menyebabkan penumpukan lemak dan makanan berkolesterol tinggi. Perlu diwaspadai juga penyakit yang bisa timbul pada orang yang kelebihan berat badan ini. Bisa mengakibatkan, serangan jantung, hipertensi, diabetes, maupun gejala stroke. Dapat kita lihat banyak kaum yang relatif muda terserang penyakit semacam itu, salah satunya dikarenakan kurangnya olahraga dan gaya hidup yang tidak sehat.
  2. Faktor Genetik
    Faktor gen/keturunan turut mempengaruhi keadaan tubuh. Kadang kita melihat bapak dan ibu yang gemuk, anaknya cenderung akan gemuk , begitu juga sebaliknya. Kalau untuk yang satu ini memang tidak menutup kemungkinan untuk bisa kurus dengan program diet, namun harus diet yang serius dan amat ketat.
  3. Faktor Tumbuh kembang
    Anak anak yang pada masa kecilnya obesitas cenderung hingga dewasa akan tetap memiliki berat badan yang melebihi normal, karena pola makan mereka yang berlebihan sejak kecil terbawa hingga dewasa. Dan juga karena memiliki sel lemak sampai 5x lipat lebih banyak dibanding anak yang memiliki berat badan normal.
  4. Faktor Psikologis
    Kaum wanita biasanya sering dilanda stress karena ganguan emosional ataupun tekanan di sekolah maupun tempat kerja, ataupun putus cinta bagi kaum muda dan masalah lainnya biasanya dilampiaskan dengan banyak makan makanan enak, ngemil , hal ini memicu obesitas .
  5. Faktor Lingkungan
    Faktor inilah yang paling sering terjadi. Kadang kita tertular teman kita yang hobi ngemil, jajan, ataupun makan makanan enak maupun sekedar mencicipi. Kebiasaan teman yang seperti itu membuat kita terbawa jadi orang yang senang makan dan mencicipi.

Pembagian Jenis Obesitas

Kelebihan berat badan atau obesitas dibagi menjadi 3 jenis :

  • Obesitas level ringan : 20-40% kelebihan berat badan
  • Obesitas level sedang : 41-100% kelebihan berat badan
  • Obesitas level berat : kelebihan berat badan > 100 %

Untuk mengetahui apakah anda termasuk kelebihan berat badan atau tidak, mari kita lihat dari standart BMI (Body Mess Index). Rumus ini memadukan antara berat dan tinggi badan seseorang, sehingga hasilnya akan menjadi ukuran ideal seseorang.

Cara menghitung berat badan ideal /BMI (Body Mess Index) = Berat badan (kg) : (tinggi badan x tinggi badan)
Hasil dari rumus ini telah memiliki kritera/kategori dari badan kesehatan dunia (WHO) dan merekalah yang menetapkan kriteria tersebut. Berikut standar kategorinya :

  • BMI <18  Under weight/sangat kurus
  • BMI 18-25 Normal weight/Normal
  • BMI 25-27  Over Weight /Kegemukan
  • BMI  > 27  Obesitas/ Warning

Bagaimana , Anda termasuk kategori yang mana ? . Setelah mengetahui anda masuk kategori yang mana, maka bisa dipastikan apakah anda harus membuat program diet ketat atau cukup olahraga ringan saja minimal 2 kali seminggu, ataukah sudah cukup normal dan ideal.

Beberapa Cara Diet Cepat Yang Sehat dan Alami

Seperti dibahas di atas tadi selain faktor genetika ,tubuh gemuk disebabkan oleh pola hidup yang tidak seimbang, bisa dari faktor lingkungan ,faktor kurangnya aktivitas fisik, faktor genetik, faktor tumbuh kembang dan faktor psikologis. Oleh karena itu kita harus menerapkan pola hidup yang baik dan seimbang. Berikut yang dapat anda lakukan dalam program diet anda :

1. Banyak Minum Air Putih
Banyak mengkonsumsi air putih bisa membantu proses penurunan berat badan. Dalam program diet sebaiknya minum minimal 8 gelas air putih dalam sehari. Hal ini dapat membantu karena akan membuat perut terasa kenyang terlebih dahulu dan tidak mudah terasa lapar. Selain itu banyak minum juga mencegah dehidrasi dan memperbaiki proses metabolisme dalam tubuh maka racun racun akan udah dibuang melalui ginjal ataupun keringat.

2. Banyak Bergerak dan Olahraga Teratur
Dengan banyak bergerak dan olahraga teratur membuat badan mengeluarkan keringat dan kalori yang berlebihan juga ikut keluar. Sebaiknya sering lah melakukan Jogging atau aerobic. Fitness atau angkat beban juga amat cepat untuk membakar kalori anda, seringlah akan beban agar lemak yang ada berubah menjadi otot-otot dan pembakaran kalori lebih efektif, sebaiknya tiap hari anda lakukan supaya cepat membakar lemak yang berlebihan. Setidaknya anda mengeluarkan keringat dalam aktifitas anda. Namun jika anda teratur berolah raga dan tetap mengkonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang tetap naik maka sama saja tidak ada pembakaran dalam tubuh, oleh karena itu kurangi kalori yang masuk ke tubuh diimbangi dengan olahraga teratur.

3. Makan makanan kaya serat , vitamin seimbang dan hindari makanan berlemak.
Perbanyaklah makanan yang mengandung banyak serat dan vitamin seimbang . Bisa didapat dari berbagai buah dan sayuran yang berwarna hijau maupun warna cerah lainnya. Selain itu hindarilah makanan berlemak seperti gorengan yang banyak mengandung minyak, ataupun daging dagingan penuh lemak ,makanan cepat saji, margarine, mentega, jeroan, bakso, susu full cream, sosis, kue ,snack ataupun minuman yang mengandung gula atau manis berlebihan karena akan cepat sekali disimpan tubuh dalam bentuk lemak.

4. Perhatikan Jam makan malam dengan waktu tidur
Sebaiknya anda makan malam jauh 2 jam sebelum waktu tidur anda, agar tidak terjadi penumpukan lemak di dalam tubuh anda dan makanan tersebut bisa diproses sempurna. Sebaiknya juga pada makan malam anda diganti menu buah dan kaya sayur sayuran, seperti apel,pir, papaya, brokoli dan sayuran hijau lainnya.

5. Kurangi porsi makan dan ganti cemilan dengan buah
Kurangilah Porsi makan anda dari sebelumnya . Jaga pola makan anda agar selalu tetap dibawah kebutuhan kalori anda dan tidak berlebihan. Dan juga ganti cemilan anda dengan buah- buahan.

Memang tampaknya momok yang merepotkan dengan banyaknya cara-cara bagaimana untuk menurunkan berat badan. Namun bagi sebagian orang yang benar-benar ingin merubah penampilan menjadi ideal, cara-cara tersebut dapat dilakukan demi terwujudnya penampilan yang proporsional. Yang paling penting adalah atur pola hidup anda dengan rutin olahraga beban yang menguras keringat, kurangi porsi makanan anda yang mengandung gula, lemak, dan minyak, usahakan makan makanan berserat di setiap menu anda ,dan yang utama adalah motivasi dan pikiran positif untuk diet secara sehat dan alami. Dengan begitu anda akan dengan cepat menurunkan berat badan anda menjadi ideal.

5+ Cara Diet Paling Cepat Yang Sehat dan Alami
5 (100%) 4 votes

Badan diet Kesehatan

« Previous Post
Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami dan Cepat
Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami dan Cepat
Next Post »
Empat Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Bahan Alami
Empat Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Bahan Alami

Related Post

Source : Paramudi

Artikel Informasi Kesehatan Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top