Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami dan Cepat

Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami dan Cepat/- -

Menyebalkan sekali rasanya bila saat bangun tidur kita menemui kantung mata yang tebal dan menghitam. Selain mengakibatkan wajah terlihat letih dan sembab, hal ini tentunya akan mengundang ketidaknyamanan bagi kegiatan kita sehari-hari. Fenomena kantung mata yang bengkak dan menghitam atau yang dalam bahasa Inggris sering disebut puffy eyes ini sebenarnya adalah permasalahan dalam kecantikan yang umum terjadi pada semua orang.

Bukan hanya pada wanita, pria pun bisa saja mengalami kejadian memiliki kantung mata yang tebal dan menghitam. Di Indonesia sendiri, kejadian seperti ini biasanya disebut dengan mata panda. Karena lingkaran hitam yang ada pada mata kita mirip seperti lingkaran hitam yang ada pada mata panda, yang merupakan beruang yang berasal dari negara Cina.

Apa Sih Sebenarnya Mata Panda Itu?

Dalam dunia kedokteran, memiliki kantung mata yang bengkak dan menghitam atau mata panda ini disebut dengan istilah pembengkakan periorbital. Hal ini ditandai dengan munculnya pembengkakan jaringan tisu yang berada di sekitar area mata yang disebut orbits. Hampir secara eksklusif hal ini diakibatkan oleh adanya cairan yang berkumpul sedikit demi sedikit di sekitar area mata atau di area periorbital edema.

Kejadian mata panda yang terjadi dalam skala kecil biasanya hanya muncul di area sekitar bawah mata dan sering disebut kantung mata. Kantung mata yang muncul secara temporer berbeda dengan kantung mata yang muncul karena factor usia dank arena factor lemak yang bertambah secara sedikit demi sedikit di area sekitar bawah mata.

Apa Saja Penyebab Mata Panda ini?

Ada beberapa alasan yang menyebabkan munculnya mata panda ini. Sebenarnya munculnya kantung mata yang membengkak dan kadang menghitam ini merupakan hal yang normal terjadi namun factor usia dan tingkat kelelahan yang mendera seseorang kadang membuat pembengkakan ini menjadi jauh lebih terlihat dari pada seharusnya. Jaringan tisu pada area periorbital ini biasanya mengalami pembengkakan pada saat kita bangun tidur.

Beberapa ahli menyatakan bahwa hal ini berkaitan dengan distribusi atau penyebaran cairan yang terjadi pada posisi saat kita tidur atau dalam posisi horizontal banyak dipengaruhi oleh gravitasi sehingga menyebabkan cairan berkumpul di area di bawah mata.

Namun, pembengkakan di area bawah mata ini juga bisa disebabkan karena penyimpangan kebiasaan tidur. Seringkali karena stress atau pekerjaan yang menumpuk jadwal tidur kita jadi terganggu. Kurang tidur atau begadang seperti itu merupakan salah satu penyebab umum terjadinya mata panda atau pembengkakan pada area di bawah mata.

Kebiasaan buruk dalam makan juga dapat mengakibatkan terjadinya pembengkakan pada mata. Seringkali kita makan tanpa menyadari berapa banyak kadar garam yang ada pada makanan kita. Beberapa ahli menyatakan bahwa kelebihan kadar garam inilah yang menyebabkan terjadinya kantung mata. Merokok dan minum alcohol juga merupakan salah satu alasan adanya pembengkakan pada area bawah mata.

Alcohol dan tembakau yang banyak mengandung zat toxic yang berbahaya bagi tubuh bisa menyebabkan stress, letih dan perubahan hormon yang berujung pada penyimpanan cairan yang berlebih dan pembengkakan di area sekitar mata. Penelitian membuktikan bahwa air mata yang diproduksi karena tangisan akibat guncangan emosional memiliki kadar garam yang lebih banyak daripada air mata yang muncul misalnya karena kita mengupas bawang. Hal ini juga mendorong adanya penyimpanan kelebihan cairan pada sekitar area mata.

Cara Menghilangkan Kantung Mata

Ada beberapa cara ampuh dan mudah untuk menghilangkan pembengkakan pada area di bawah mata ini. Di antaranya adalah :
1. Menggunakan Sendok
Dengan menempelkan sendok besi yang dingin pada kantung mata yang bengkak atau di area sekitar mata kita. Hal ini terbukti efektif meredakan pembengkakan tersebut. Sendok dingin akan membantu mengencangkan area kulit di sekitar mata dan sekaligus meredakan ketegangan pembuluh darah.

Caranya mudah sekali, ambil beberapa sendok besi yang bersih dari penyimpanan peralatan makan dan letakkan di dalam lemari es selama 10 sampai 15 menit. Setelah itu cukup tempelkan bagian sendok yang melengkung pada mata, tempelkan sendok ini sampai bagian besinya terasa lebih hangat. Ulangi beberapa kali teknik ini dengan sendok lainnya yang telah didinginkan pada kedua mata. Pasti pembengkakan akan berkurang.

2. Menghilangkan Kantung Mata dengan Menggunakan Mentimun 
Bahan alami seperti mentimun juga bisa digunakan untuk meredakan mata panda. Kandungan enzim dan astringent yang ada pada mentimun akan mengurangi pembengkakan yang ada pada area di bawah mata ini dan membantu mengencangkan kulit di sekitar mata secara alami. Selain itu, mentimun memiliki khasiat untuk mengurangi kerut dan area yang menghitam di sekitar mata.

Potong mentimun dengan potongan yang agak tebal. Dinginkan potongan-potongan mentimun ini di dalam lemari es selama beberapa saat sampai mentimun terasa dingin di kulit. Letakkan potongan-potongan mentimun yang telah didinginkan ini pada kelopak mata yang tertutup sampai potongan mentimun ini terasa hangat di kulit. Lakukan langkah ini beberapa kali sampai pembengkakan benar-benar berkurang.

3. Memperbanyak Minum Air Putih
Sebenarnya ada cara paling mudah untuk dapat mengatasi pembengkakan pada mata ini. Dengan meminum air putih atau air mineral, tubuh kita akan terhindar dari kondisi dehidrasi yang menjadi penyebab berkumpulnya cairan di bawah area mata yang menjadi biang keladi pembengkakan atau munculnya kantung mata.

Dengan meminum air putih, hal ini juga akan membantu tubuh untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh kita. Menurut anjuran dokter, kita dihimbau untuk meminum air putih sebanyak 8 sampai 10 gelas per hari. Juga, untuk menuju hidup yang lebih sehat, hindarilah mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar garam yang tinggi. Selalu monitor berapa banyak kandungan garam yang masuk ke tubuh agar tak terjadi pembengkakan kantung mata. Selain itu, usahakanlah jangan banyak-banyak meminum minuman yang mengandung kafein atau soda yang dapat mengakibatkan tubuh mengalami dehidrasi.

4. Memanfaatkan Kantung Teh
Cara mudah lainnya adalah dengan menggunakan kantung teh bekas. Teh hijau atau teh hitam yang biasanya kita konsumsi ternyata dapat meredakan pembengkakan pada mata dan mengobati iritasi pada mata kita. Tanaman daun teh setelah diselidiki ternyata mengandung senyawa anti iritasi yang dapat meredakan pembengkakan pada mata. Selain pembengkakan, kejadian seperti ini biasanya juga ditandai dengan mata merah merupakan sumber ketidaknyamanan.

Nah, dengan mengompreskan teh kita juga bisa mengatasi hal ini sekaligus. Kita hanya cukup merendam 2 kantong teh ke dalam air panas selama beberapa saat, kemudian angkat kantung teh dan dinginkan. Pilihlah tempat yang nyaman untuk berbaring kemudian taruhlah kantung teh ini di kedua belah kelopak mata dan tutupi dengan handuk tipis atau kain yang bermaterial lembut selama 10 sampai 15 menit. Lakukanlah teknik ini beberapa kali dalam sehari bila perlu.

5. Menggunakan Irisan Kentang
Seperti halnya cara-cara di atas, bahan masakan yang biasanya ada di dapur seperti kentang ternyata dapat juga digunakan untuk meredakan kantung mata yang membengkak. Namun berbeda halnya dengan enzim dan astringent yang terkandung pada mentimun yang dapat mengurangi bengkaknya kantung mata, kentang mengandung zat tepung atau starch yang memiliki khasiat untuk dapat mengurangi pembengkakan kantung mata.

Zat tepung ini juga dapat digunakan untuk menyamarkan lingkaran hitam yang ada pada mata kita. Kupas kemudian cuci bersih kentang yang akan kita gunakan, setelah itu diamkan kentang-kentang tersebut samapai benar-benar kering. Parut kentang dan taruh hasil parutan kentang pada sebuah kain atau pada sapu tangan lembut. Tali erat jangan sampai ada yang keluar. Tempelkanlah kain ini pada kelopak mata kita selama beberapa menit. Ulangi proses ini beberapa kali sampai pembengkakan pada mata benar-benar berkurang.

6. Dengan Putih Telur
Bahan dapur lainnya yang bisa kita gunakan sebagai obat alami untuk meredakan kantung mata yang membengkak adalah putih telur. Putih telur ternyata juga mengandung zat yang dapat digunkan untuk mengencangkan kulit secara alami. Selain itu, putih telur juga dapat membantu mencegah keriput yang biasanya muncul di area sekitar mata. Caranya tentu sangat mudah sekali.

Pertama-tama kita perlu memisahkan kuning dan putih telur pada mangkuk. Kocok putih telur sampai kaku. Kita bisa menambahkan beberapa tetes astringent natural. Aduk sampai rata. Aplikasikan masker ini beberapa saat sampai kering. Lakukan secara rutin untuk mendapat hasil yang lebih baik.

Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami dan Cepat
5 (100%) 3 votes

Kecantikan Kesehatan Mata Obat Alami

« Previous Post
Obat Sakit Gigi Yang Dijamin Ampuh Mengobati Nyeri Gigi
Obat Sakit Gigi Yang Dijamin Ampuh Mengobati Nyeri Gigi
Next Post »
5+ Cara Diet Paling Cepat Yang Sehat dan Alami
5+ Cara Diet Paling Cepat Yang Sehat dan Alami

Related Post

Source : Paramudi

Artikel Informasi Kesehatan Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top