Tips Dan Cara Menghilangkan Minyak Di Wajah Secara Alami

Tips Dan Cara Menghilangkan Minyak Di Wajah Secara Alami/- -

Kulit wajah merupakan bagian tubuh yang paling sensitif terhadap rangsangan baik dari dalam maupun luar. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang mengalami masalah terkait dengan kulit wajah yang salah satunya ialah kadar minyak yang berlebih. Berbagai cara menghilangkan minyak di wajah telah dilakukan, akan tetapi tidak sedikit usaha mereka yang gagal bahkan malah menimbulkan komedo dan jerawat pada wajah. Adanya minyak berlebih memang membuat Anda merasa kurang percaya diri. Selain membuat wajah terlihat lebih kusam, minyak di wajah juga dapat menyebabkan make up Anda menjadi tidak tahan lama.

Apa Penyebab Wajah Berminyak?

Faktor utama penyebab timbulnya kulit berminyak ialah pola makan yang banyak mengandung minyak serta lemak yang tidak diimbangi dengan olahraga yang teratur. Selain itu, faktor genetik berupa keturunan dari orang tua bisa menjadi salah satu penyebab kulit berminyak. Jika merasa takut serta khawatir dengan berbagai obat ataupun kosmetik yang direkomendasikan untuk mengatasi kulit berminyak, mungkin Anda harus mencoba tentang tips serta cara menghilangkan minyak di wajah secara alami dengan bahan-bahan herbal yang tidak menimbulkan efek samping sama sekali. Berikut ini disajikan beberapa cara untuk mengatasi kulit berminyak secara alami.

Cara Menghilangkan Minyak Di Wajah Yang Aman Dengan Bahan-Bahan Alami

1. Daun seledri
Daun yang memiliki nama latin Apium Graveolens ini ternyata selain bermanfaat untuk bumbu masakan, tanaman ini juga mengandung zat yang mampu untuk mengatasi masalah kulit berminyak pada wajah. Caranya dengan merendam potongan-potongan daun seledri dalam air hangat selama kurang lebih 20 menit agar zat-zat di dalamnya dapat keluar dengan sempurna. Selanjutnya Anda tempel atau gosokan secara perlahan daun yang telah direndam tersebut pada wajah yang berminyak. Lakukan cara menghilangkan minyak di wajah ini secara teratur minimal 3 kali seminggu.

2. Mentimun
Buah mentimun bisa menjadi salah satu cara menghilangkan minyak di wajah secara alami. Cara menggunakannya sangat mudah. Anda dapat langsung memotong mentimun menjadi bulatan-bulatan tipis yang kemudian Anda tempelkan secara merata pada wajah. Anda juga bisa menghaluskan mentimun dengan cara diblender ataupun diparut untuk mengambil ampas dari mentimun yang kemudian Anda gunakan untuk masker wajah. Diamkan potongan mentimun ataupun masker mentimun tersebut selama kurang lebih 30 menit hingga kandungan atau sari pati di dalamnya dapat meresap ke wajah. Gunakan secara teratur 2 kali seminggu.

3. Masker kentang dan bengkoang
Kombinasi dari kedua buah ini disinyalir dapat mengatasi masalah kulit wajah yang berminyak. Anda dapat memblender ataupun memarut buah kentang dan bengkoang lalu mencampurkan keduanya setelah dihaluskan. Langkah selanjutnya ialah Anda gunakan campuran kedua buah tersebut yang telah lembut dan menjadi bubur untuk masker wajah. Cara menghilangkan minyak di wajah dengan buah ini dapat berhasil jika Anda lakukan secara teratur 2 kali seminggu.

4. Pisang, madu, dan susu
Cara menghilangkan minyak di wajah dengan bahan alami selanjutnya ialah dengan masker buah pisang yang dicampur dengan susu dan madu. Buah pisang sangat kaya akan vitamin A, B, dan E yang dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya penuaan diri. Caranya dengan mencampurkan ketiga bahan dasar tersebut dan dihaluskan. Gunakan campuran pisang, susu, dan madu tersebut sebagai masker wajah. Biarkan selama kurang lebih 30 menit. Kemudian bilas terlebih dahulu dengan air hangat untuk membuka pori-pori wajah supaya zat yang terkandung di dalamnya dapat menyerap secara maksimal, lalu disusul mencuci muka dengan air dingin supaya pori-pori tertutup kembali. Selain sebagai salah satu cara menghilangkan minyak di wajah, campuran pisang, madu, dan susu juga dapat mencerahkan wajah anda. Jangan lupa untuk menggunakannya secara teratur 2 kali seminggu.

5. Perasan jeruk nipis
Jeruk nipis banyak mengandung vitamin C yang mampu untuk mengatasi masalah kulit berminyak pada wajah. Cara menghilangkan minyak di wajah dengan buah ini ialah dengan cara memeras air jeruk nipis tersebut, lalu Anda oleskan secara merata air perasan jeruk ke wajah. Biarkan selama kurang lebih 15 menit untuk hasil yang maksimal.

6. Masker putih telur
Putih telur memang sering kali digunakan untuk masker wajah sebab dapat mengatasi masalah kulit berminyak. Jika Anda ingin menggunakan telur sebagai salah satu cara menghilangkan minyak di wajah anda, maka ambillah sebutir telur mentah dan pisahkan antara putih telur dengan kuning telurnya. Gunakan putih telur tersebut sebagai masker wajah anda. Biarkan selama kurang lebih 15 menit dan bilaslah dengan air yang hangat. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, maka gunakan secara teratur minimal 2 kali seminggu.

7. Es batu atau air es
Cara menghilangkan minyak di wajah selanjutnya ialah dengan es batu ataupun air es. Es batu atau air es berfungsi layaknya make up penyegar wajah. Caranya bisa dengan mencuci muka dengan air es tersebut atau menggosok-gosokkan gumpalan es batu dalam plastik ke wajah yang berminyak. Cara menghilangkan minyak di wajah ini jika dilakukan secara teratur maka dapat mengurangi kadar minyak pada wajah dalam waktu yang cukup lama.

8. Serbuk kayu cendana
Serbuk kayu cendana dapat Anda manfaatkan sebagai salah satu solusi untuk mengatasi masalah kulit berminyak. Cara menghilangkan minyak di wajah dengan bahan alami ini sangatlah mudah. Anda tinggal mencampurkan serbuk kayu cendana tersebut dengan sedikit air supaya jadi bubur. Gunakan ramuan tersebut sebagai masker wajah. Setelah agak mengering di wajah, bilaslah dengan air yang hangat.

9. Masker gandum
Tidaklah sulit bagi Anda untuk membuat masker gandum. Caranya dengan mencampurkan serbuk atau tepung gandum yang masih murni, kemudian tambahkan sedikit madu dan perasan jeruk lemon. Tempelkan secara merata masker tersebut pada wajah yang berminyak. Biarkan selama 15 menit. Gunakan alternatif ini sebagai salah satu cara menghilangkan minyak di wajah.

10. Air putih
Konsumsi Air putih secara teratur minimal sebanyak 8 gelas per hari secara tidak langsung juga dapat menjadi salah satu cara menghilangkan minyak di wajah yang berlebihan. Selain menghindari dehidrasi dan menetralisir racun pada tubuh, kadar air yang seimbang pada tubuh juga sangat berpengaruh pada kulit anda. Kadar air yang cukup membuat kulit Anda terasa lebih segar dan sehat.

Penting dalam menghilangkan minyak di wajah

Bahan-bahan herbal di atas dapat Anda temukan dengan mudah. Hasilnya memang tidak dapat terlihat secara instan saat itu, akan tetapi membutuhkan ketelatenan serta kesabaran. Jika Anda melakukan secara teratur tips tentang cara menghilangkan minyak di wajah di atas, lalu diimbangi pola makan dan pola hidup yang sehat, tentunya kulit wajah Anda akan terbebas dari minyak berlebih serta wajah akan terlihat lebih cerah dan sehat. Selamat mencobanya di rumah.

Rate this post

Cara Alami Kecantikan

« Previous Post
Bagaimana Cara Menghilangkan Karang Gigi dan Apa Penyebabnya?
Bagaimana Cara Menghilangkan Karang Gigi dan Apa Penyebabnya?
Next Post »
Tips Alami Cara Menghilangkan Jerawat VS Modern
Tips Alami Cara Menghilangkan Jerawat VS Modern

Related Post

Source : Paramudi

Artikel Informasi Kesehatan Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top