Cara Menambah Berat Badan dan Agar Badan Tetap Ideal

Cara Menambah Berat Badan dan Agar Badan Tetap Ideal/- -

Mempunyai tubuh yang ideal seringkali menjadi dambaan bagi setiap orang, terutama untuk para wanita. Ketika seorang wanita mengalami kegemukan, mereka juga enggan membuat tubuhnya terlalu kurus. Pasalnya, tubuh yang terlalu kurus juga bisa membuat penampilan seseorang terlihat kurang menarik.

Faktor- Faktor Penyebab

Berat badan yang kurang atau tidak ideal ini juga dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti pola hidup yang tidak teratur. Banyak sekali pola hidup yang membuat tubuh kekurangan berat badan atau terlihat kurus. Misalnya, terlalu banyak begadang di malam hari. Tidur yang terlalu larut dan kekurangan waktu tidur membuat tubuh Anda semakin kurus. Bukan hanya itu, beragam penyakit juga akan masuk karena daya tahan tubuh melemah.

Pola hidup dengan mengkonsumsi minuman yang tidak baik bagi tubuh juga dapat mempengaruhi kekurangan berat badan. Misalnya sering minum minuman keras yang beralkohol ditambah lagi dengan merokok. Bagi seseorang yang telah kecanduan alkohol maupun roko akan sulit menghentikannya. Padahal kedua benda ini mempunyai beragam zat-zat berbahaya yang dapat merusak jaringan tubuh. Ketika seseorang sudah terlalu sering merokok, mereka akan mengalami perbedaan pada tubuhnya, yaitu kurus. Bukan hanya mengalami kekurangan berat badan, tetapi juga kesegaran kulit berpengaruh, sehingga tubuh menjadi keriput. Terlalu sering mengkonsumsi alkohol dan rokok merupakan salah satu hal yang menjadi faktor berat badan menurun.

Faktor lain yang bisa menyebabkan badan terlalu kurus ialah penyakit. Banyak orang-orang yang mengalami penurunan berat badan karena penyakit. Salah satu penyakit yang berpengaruh ialah cacingan. Ketika seseorang mengalami penyakit cacingan ini, mereka akan kehilangan berat badannya, tetapi perut menjadi buncit.

Perubahan pada tubuh yang seperti ini memang sangat tidak baik. Dengan postur tubuh yang kurus dengan perut buncit akan membuat tubuh tidak terlihat bagus. Hal ini memang bisa diatasi dengan meminum obat cacing yang diperuntukkan untuk 6 bulan sekali. Namun, selain menggunakan obat cacing untuk menghilangkan penyakit tersebut, Anda juga harus melakukan cara menambah berat badan lainnya.

Kekurangan berat badan tersebut memang jarang terjadi. Namun, bagi sebagian orang yang mendambakan berat ideal untuk suatu kepentingan tertentu juga akan berusaha menambah berat badannya. Lebih banyak mengkonsumsi makanan yang bergizi memang salah satu cara menambah berat badan yang paling mudah. Namun, dengan cara memilih makanan yang keliru juga akan membuat tubuh menjadi tidak terkontrol. Kesesuaian pemilihan makanan dan mengatur pola hidup merupakan kunci utama membuat tubuh agar tetap ideal. Banyak sekali para wanita maupun pria yang berusaha menaikkan berat badan tetapi malah membludak dan berat badan semakin naik. Untuk menaikkan berat badan memang mudah, tetapi menurunkannya akan sulit, sehingga perhatikan kestabilan berat badan agar tetap terkontrol.

cara menambah berat badan

Menambah berat badan dengan lebih banyak makan

1. Mengkonsumsi Daging Merah

Lebih banyak mengkonsumsi makanan merupakan cara paling mudah untuk menambah berat badan. Banyak makanan yang bisa menaikkan berat badan, tetapi Anda juga harus memilih makanan yang sehat. Makanan berkolestrol tinggi memang bisa mempercepat kenaikkan berat badan, tetapi faktor kesehatannya dapat merugikan sehingga sangat tidak dianjurkan. Makanan yang bisa Anda makan sebagai cara menambah berat badan ialah daging merah. Daging merah merupakan makanan yang cocok untuk Anda yang menginginkan kenaikan pada berat badankarena kandungan lemak dan protein yang tinggi. Daging merah ini juga bisa berbentuk steak, sosis, soto daging, iga, dsb. Daging merah mempunyai banyak kandungan kolestrol dan baik untuk menambah berat badan.

2. Minum Susu Sapi Murni

Selain itu, cara menambah berat badan dari makanan yakni dengan mengkonsumsi susu sapi murni. Jika Anda masih mengonsumsi susu sapi skim atau susu tanpa lemak, gantilah susu Anda dengan susu sapi murni. Susu sapi murni ini efektif dapat menaikkan berat badan. Selain itu, susu sapi murni ini sangat bernutrisi tinggi dengan kandungan vitamin A dan D. Susu sapi murni ini juga bisa dicampurkan ke dalam makanan dengan berbagai cara. Misalnya, jika Anda terbiasa mengkonsumsi kopi, Anda bisa menambahkan susu sapi murni tersebut sebagai creamnya. Minum susu sapi murni sebelum tidur, selain bisa menambah pertumbuhan kalsium, cara ini juga bisa menambah berat badan.

3. Perbanyak Selai Kacang

Kemudian, cara menambah berat badan dari makanan lainnya ialah dengan mengkonsumsi selai kacang. Selain selai kacang kaya dengan kandungan lemaknya, makanan yang pas digunakan untuk sarapan dengan roti ini juga mempunyai banyak kandungan protein. Dari takaran kandungan gizinya, selai kacang mengandung 100 kalori dan 4 gram protein, sehingga bisa menaikkan berat badan. Selai kacang juga bisa disajikan dengan roti atau oatmeal. Ketika Anda ingin membeli selai kacang, pilihlah produk yang alami dan murni, karena banyak sekali produk yang tidak murni di pasaran.

Olahraga yang cocok untuk menambah Berat Badan

Cara menambah berat badan bertambah yang selanjutnya ialah dengan tidak melakukan olahraga. Beberapa orang mungkin mengira jika melakukan olahraga dapat menurunkan berat badan. Pendapat ini memang tidak sepenuhnya salah. Akan tetapi ada juga olahraga yang bisa menambah berat badan anda.

a. Sering Berenang

Olahraga yang bisa dilakukan untuk menambah berat badan yaitu berenang. Berenang bukan hanya bisa membuat denyut jantung lebih baik dan bisa menambah tinggi badan. Selain itu, air juga bisa memberikan multi-arah yang bisa meningkatkan otot dan suara. Olahraga air ini juga bisa membuat semua tubuh bergerak melakukan olahraga, sehingga efek yang ditimbulkan juga banyak, seperti peregangan otot, menambah tinggi badan, dan bisa juga menambah berat badan.

b. Bersepea

Olahraga yang bisa Anda lakukan lainnya ialah dengan bersepeda. Olahraga bersepeda merupakan olahraga yang sangat ringan. Olahraga ini juga bisa dilakukan untuk kegiatan sehari-hari, seperti berangkat kerja atau sekolah. Dengan melakukan bersepeda secara teratur dan rutin selain akan meningkatkan denyut jantung dan mengencangkan otot-otot, olahraga ini merupakan salah satu cara menambah berat badan. Selain itu, dengan menggunakan sepeda juga bisa irit bensin dan mengurangi pencemaran udara yang disebabkan oleh bahan bakar bensin. Selain membuat tubuh sehat, olahraga bersepeda juga bisa dilakukan dengan santai. Tidak begitu banyak mengeluarkan keringat, tetapi bisa membuat tubuh tetap sehat. Anda juga bisa bersepeda pada hari libur agar mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.

c. Melakukan Push Up dan Sit Up

Selain olahraga tersebut, cara menambah berat badan juga bisa dengan melakukan olahraga push up dan sit up. Olahraga ini merupakan salah satu olahraga yang tidak menyita banyak waktu. Anda bisa melakukannya disela-sela aktivitas sehari-hari. Lakukan sit up pada sore hari sebelum tidur. Olahraga sit up berfungsi untuk membakar kalori. Bukan hanya itu, dengan melakukan olahraga sit up ini selain mengencangkan otot perut dan membentuk ukuran perut yang bagus, juga bisa menambah berat badan secara ideal. Sedangkan push up bisa dilakukan pada pagi hari sebelum lari pagi. Selain push up bisa mengencangkan otot lengan tangan, olahraga ini juga bisa menciptakan kesehatan dan menikkan berat badan.

Setelah menambah berat badan, hal apa saja yang perlu diperhatikan agar tetap ideal?

Ketika sudah mencoba menaikkan berat badan pasti tidak ingin mengalami kegemukan. Pada dasarnya menaikkan berat badan memang lebih mudah dari pada harus menurunkannya. Berat badan cepat sekali naik karena faktor makanan yang sering dikonsumsi setiap harinya. Lemak dan kolestrol yang ada di dalam makanan memang cepat bereaksi di dalam tubuh, sehingga ketika berat badan sudah ideal pastikan tetap menjaganya. Ada beragam cara yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan berat badan. Membuat tubuh ideal memang tidak bisa dikatakan mudah, Anda harus tetap rutin melakukan beragam olahraga dan konsumsi makanan yang dianjurkan.

Untuk menjaga berat badan, pertama Anda harus rutin menimbang berat badan secara kontinue. Ketika tubuh mulai mengalami penurunan lakukan kembali cara menambah berat badan seperti yang telah dijelaskan di atas. Untuk mempertahankan berat badan, Anda harus menjauhi yang namanya stres. Stres bisa menyerang kapan saja, sehingga tetap waspada terhadap stres. Terkadang stres juga bisa membuat tubuh tidak terkontrol, seperti makan dan olahraga pun terabaikan. Jika dibiarkan terus menerus, hal tersebut bisa berdampak pada tubuh Anda. Selain itu, Anda juga harus bisa tetap menjaga pola makan. Meskipun berat badan Anda sudah naik, tetapi juga tidak sembarangan mengkonsumsi makanan. Tetap atur pola makan agar tidak terjadi kegemukan karena memiliki tubuh yang terlalu gemuk juga akan tidak bagus.

Cara Menambah Berat Badan dan Agar Badan Tetap Ideal
5 (100%) 1 vote

Badan Cara Alami Kesehatan

« Previous Post
Cara Mengecilkan Perut Dengan Mudah dan Sederhana
Cara Mengecilkan Perut Dengan Mudah dan Sederhana
Next Post »
Bagaiman Cara Memutihkan Gigi Paling Cepat Secara Alami
Bagaiman Cara Memutihkan Gigi Paling Cepat Secara Alami

Related Post

Source : Paramudi

Artikel Informasi Kesehatan Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top