Tips Alami Cara Menghilangkan Jerawat VS Modern

Tips Alami Cara Menghilangkan Jerawat VS Modern/- -

Ada banyak cara menghilangkan jerawat yang bisa dilakukan. Dan ya, jerawat memang bisa dikatakan sebagai masalah yang cukup menakutkan karena begitu mengganggu penampilan. Tak hanya itu, jerawat juga meninggalkan rasa sakit dan perih di area wajah yang tentunya sangat mengganggu aktivitas harian kita. Menghilangkan jerawat yang membandel sebenarnya bisa dilakukan dalam banyak cara, mulai dari yang alami hingga modern. Meskipun memiliki tujuan yang sama yaitu menumpas jerawat pada kulit wajah, kedua cara tersebut memang sangatlah berbeda, entah dari segi bahan dan alat yang digunakan maupun jangka waktu yang dibutuhkan. Akan tetapi, sebelum kita mengulas lebih dalam terkait cara menumpas jerawat, sebaiknya pahami dulu seluk beluk jerawat mulai dari penyebabnya, jenis-jenis jerawat hingga cara mencegahnya.

Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat

Selain mengetahui bagaimana cara menghilangkan jerawat, kita juga harus tahu betul apa saja yang menjadi penyebabnya. Jerawat memang bisa muncul kapan pun dan pada siapa saja. Oleh karena itu, banyak yang bisa menjadi faktor timbulnya jerawat, mulai dari kebiasaan, makanan, kebersihan, hormon dan lain sebagainya. Secara umum, jerawat yang muncul disebabkan karena adanya penyumbatan pada pori-pori kulit. Akibat adanya sumbatan tersebut, bakteri yang menempel akan tumbuh berkembang dan kemudian menimbulkan bintik-bintik pada wajah. Selain karena adanya penyumbatan, pemicu munculnya jerawat yang lain adalah minyak yang berlebih pada wajah.

Di samping itu, ada beberapa faktor lain yang membuat wajah berjerawat

Yang pertama adalah faktor genetik. Hal ini bisa saja terjadi ketika orang tua memiliki masalah jerawat yang sama dan umumnya sangat sulit untuk dicegah mengingat sifatnya yang menurun.

Yang kedua adalah faktor hormonal. Pada wanita, hormon progesteron sering menjadi penyebab wajah berjerawat. Hormon ini biasanya akan meningkat ketika seorang wanita sedang hamil ataupun menstruasi. Namun, tidak perlu khawatir karena jerawat yang disebabkan oleh hormon bisa diatasi dengan mudah.

Lalu faktor penyebab jerawat yang ketiga adalah jenis kulit. Ya, jenis kulit yang mudah sekali berminyak biasanya lebih mudah berjerawat. Cara menghilangkan jerawat karena faktor jenis kulit ini juga banyak. Selain itu, faktor penyebab yang keempat adalah stres. Hal ini dikarenakan ketika seseorang sedang mengalami stres yang berat, maka metabolisme tubuhnya juga akan ikut terganggu dan akhirnya berdampak pada kulit wajah. Maka dari itu, sering kita lihat mereka yang sedang banyak masalah biasanya memiliki wajah yang terlihat kusam dan tidak terurus.

Faktor selanjutnya penyebab jerawat adalah kebersihan. Kita tahu betul bahwa jerawat disebabkan oleh bakteri yang berkembang di kulit. Nah, cara menghilangkan jerawat yang satu ini tentu dengan rajin membersihkan wajah. Selain faktor-faktor tersebut, penyebab jerawat juga bisa dipicu oleh asupan makanan yang kurang sehat. Makanan-makanan yang memicu timbulnya jerawat salah satunya adalah gorengan. Mungkin banyak orang yang sangat menyukai gorengan. Namun apabila Anda memakannya terlalu berlebihan, maka jerawat pada wajah tentu tidak bisa dihindari. Jika Anda memang sedang ingin memakan gorengan, sebisa mungkin pakailah minyak yang sehat alias tidak dipakai berkali-kali.

Selain itu, penyebab jerawat lainnya adalah alkohol. Minuman keras ini menjadi penyebab hadirnya jerawat dikarenakan sifatnya yang bisa membuat tubuh menjadi dehidrasi dan kering. Sebagai tambahan, kacang-kacangan juga dikenal oleh masyarakat sebagai penyebab jerawat. Hal ini memang benar mengingat kacang mengandung lemak yang tidak baik untuk kulit wajah.

Ingin Tahu Cara Menghilangkan Jerawat? Kenali Dulu Jenis – Jenisnya

Sebelum mengetahui cara menghilangkan jerawat, kita harus tahu terlebih dahulu jenis-jenisnya. Pasalnya, jenis yang berbeda membutuhkan penanganan berbeda pula. Jenis jerawat sendiri dibagi berdasarkan ciri-cirinya. Berikut ini adalah macam-macam jenis jerawat yang harus Anda pahami.

  • Jerawat batu

Jerawat jenis ini biasanya terasa lebih sakit dibandingkan dengan jenis lainnya. Sebab jerawat batu biasanya disebabkan adanya peradangan yang hebat pada kulit dan akhirnya timbul iritasi. Jerawat yang secara ilmiah disebut dengan nama Cystic Acne ini berwarna merah dan berukuran besar. Karena diakibatkan oleh produksi kelenjar minyak yang berlebih disertai pertumbuhan sel yang tidak normal pada kulit wajah, jerawat batu disebut sebagai jenis jerawat yang parah. Cara menghilangkan jerawat batu juga bisa dikatakan cukup sulit jika tidak dilakukan sedari dini dan seintensif mungkin.

  • Jerawat Komedo

Hampir setiap orang pernah mengalami masalah komedo pada kulit. Ya, komedo juga bisa dikatakan sebagai salah satu jenis jerawat. Komedo dibedakan menjadi dua, yakni komedo terbuka dan juga komedo tertutup. Bedanya, komedo terbuka memiliki ciri-ciri berwarna hitam sebab sudah tercampur dengan debu, keringat, bakteri dan sel-sel kulit mati. Warna hitam yang muncul pada komedo terbuka diakibatkan adanya proses oksidasi antara pigmen kulit dan oksigen. Sedangkan ciri-ciri komedo tertutup ialah memiliki benjolan berwarna putih, tidak berwarna hitam karena pigmen kulit tidak teroksidasi dengan oksigen. Jenis jerawat ini bisa dikatakan sebagai jerawat ringan alias tidak terlalu parah. Oleh karena itu, ada banyak cara menghilangkan jerawat yang disebabkan oleh komedo.

  • Jerawat Juvenil

Jerawat Juvenil umumnya timbul di masa-masa pubertas yakni antara usia 14 sampai dengan 20 tahun. Jerawat ini muncul dikarenakan faktor hormonal yang masih belum stabil. Biasanya memang saat masa-masa pubertas, lonjakan hormon yang tidak terkendali akan memicu berbagai perubahan dalam tubuh, seperti munculnya sebum, komedo dan jerawat. Sebum sendiri merupakan minyak yang diproduksi oleh kelenjar kulit wajah.

  • Jerawat Biasa

Jerawat yang biasa ini ditandai dengan adanya benjolan berwarna merah pada kulit dan berukuran kecil. Bisa disebabkan karena stres, menstruasi atau asupan makanan yang salah. Namun, seringnya yang menjadi penyebab jerawat ini adalah karena tersumbatnya pori-pori kulit akibat terinfeksi oleh bakteri yang bernama propionibacterium acne. Cara menghilangkan jerawat biasa ini cukup mudah, mulai dari yang alami sampai dengan yang paling modern menggunakan alat-alat canggih dan obat-obatan kimia.

3 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Setelah kita paham penyebab dan jenis jerawat, maka selanjutnya adalah mengetahui cara menghilangkannya. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan menggunakan bahan-bahan herbal. Berikut ini adalah 3 cara menghilangkan jerawat yang bisa dilakukan sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan alami.

1. Buah pepaya
Cara menumpas jerawat yang pertama adalah menggunakan buah pepaya. Tanaman yang memiliki nama latin Carica papaya L ini ternyata sangat ampuh digunakan untuk menghilangkan jerawat bahkan bekasnya sekalipun. Biasanya bagian yang digunakan untuk mengatasi masalah kecantikan ini adalah buahnya yang masih muda, sebab bagian ini mampu melakukan exfoliating atau pengelupasan pada kulit mati sehingga pori-pori kulit tidak lagi tersumbat dan tampak lebih kencang. Selain itu, yang menyebabkan buah pepaya ini sangat baik digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat adalah karena adanya kandungan enzim papain di dalamnya. Enzim ini sudah terbukti efektif dalam meminimalisir adanya peradangan pada kulit serta menghaluskan dan melembabkannya. Selain baik untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya, pepaya juga bisa digunakan untuk mencegah munculnya jerawat karena sekaligus berfungsi untuk membersihkan pori-pori wajah.

Cara menghilangkan jerawat menggunakan pepaya cukup sederhana. Kita bisa membuat masker pepaya dengan menghaluskan buah pepaya sampai dengan lembut dan kemudian dicampur dengan madu asli. Setelah tercampur, masker alami tersebut bisa dibalurkan secara merata pada area kulit yang terdapat jerawat dan diamkan hingga kurang lebih 20 menit. Kemudian bersihkan menggunakan air hangat dan keringkan.

2. Putih telur
Cara mengatasi jerawat selanjutnya adalah menggunakan putih telur. Bahan yang satu ini memiliki kandungan vitamin serta protein yang sangat tinggi sehingga mampu meregenerasi sel-sel kulit mati dengan cepat. Selain itu, putih telur juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah wajah berminyak, yang mana merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat. Cara ini cukup sederhana, kita hanya perlu mengoleskan putih telur yang telah dipisahkan dari kuningnya dan dikocok, lalu oleskan ke area wajah yang berjerawat secara menyeluruh. Tunggu hingga benar-benar kering dan bersihkan. Untuk hasil yang maksimal, lakukan langkah ini secara teratur, satu kali setiap hari.

3. Kulit Pisang

Cara menghilangkan jerawat selanjutnya adalah menggunakan kulit pisang. Ketika kita memakan pisang, biasanya kulitnya akan dibuang, bukan? Padahal kulit buah ini begitu ampuh untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan serta lutein yang sangat tinggi pada bagian kulitnya. Zat tersebut memiliki kemampuan untuk mengurangi iritasi pada kulit mulai dari pembengkakan sampai dengan peradangan. Selain itu, zat ini juga bisa dimanfaatkan untuk mempercepat pertumbuhan sel-sel kulit baru sehingga bekas jerawat bisa cepat tersamarkan. Hanya dengan menggosokkan kulit pisang ke wajah dan diamkan selama kurang lebih 30 menit secara teratur, maka jerawat akan cepat hilang.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Modern

Selain cara-cara alami yang disebutkan, ada pula cara menghilangkan jerawat modern yang bisa dimanfaatkan. Mengingat sekarang ini jamannya teknologi, masalah jerawat bisa diatasi dengan cepat, di antaranya adalah menggunakan jasa klinik kecantikan. Ada beberapa teknik pengobatan atau teknologi yang disediakan di berbagai klinik kecantikan seperti peeling, laser, facial wajah, dan lain sebagainya. Masing-masing jenis kulit membutuhkan metode yang berbeda. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter kulit yang benar-benar ahli di bidangnya.

Selain menggunakan teknologi masa kini, cara menghilangkan jerawat ini juga bisa menggunakan obat-obat kimia yang dijual di pasaran. Namun, sebaiknya membeli obat di tempat yang terpercaya misalnya saja klinik kecantikan yang sudah tersertifikasi oleh badan kesehatan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir risiko kemungkinan obat yang dijual merupakan produk palsu atau terbuat dari bahan berbahaya.

Apabila kita telah mengetahui seluk beluk tentang jerawat, maka lebih baik jika kita juga tahu bagaimana cara mencegahnya agar tidak muncul lagi. Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada harus mengobati, bukan? Untuk mencegahnya kita bisa menerapkan pola hidup yang sehat seperti selalu meminum air putih secara teratur, berolah raga, tidak minum alkohol, mengonsumsi makanan yang sehat, istirahat secara teratur dan selalu menjaga kebersihan tubuh. Demikian ulasan mengenai penyebab, jenis-jenis, cara menghilangkan jerawat, dan cara mencegahnya. Semoga memberikan manfaat untuk Anda.

Tips Alami Cara Menghilangkan Jerawat VS Modern
4.95 (99.05%) 21 votes

Jerawat Wajah

« Previous Post
Tips Dan Cara Menghilangkan Minyak Di Wajah Secara Alami
Tips Dan Cara Menghilangkan Minyak Di Wajah Secara Alami
Next Post »
Cara Menghilangkan Bau Badan Yang Tak Sedap Dengan Alami Dan Aman
Cara Menghilangkan Bau Badan Yang Tak Sedap Dengan Alami Dan Aman

Related Post

Source : Paramudi

Artikel Informasi Kesehatan Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top