Cara Menghilangkan Komedo Dengan Ampuh (Tradisional VS Modern)

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Ampuh (Tradisional VS Modern)/- -

Wajah merupakan bagian terpenting dalam menunjang penampilan karena wajah merupakan bagian yang paling tampak ditubuh sehingga banyak orang baik wanita maupun pria berlomba-lomba untuk menjaga dan merawat wajah mereka agar terhindar dari berbagai macam masalah-masalah pada wajah seperti kulit kusam, kulit berminyak, kulit kasar, jerawat dan masalah kecil namun menjengkelkan yaitu komedo.Komedo merupakan pori-pori yang tersumbat baik yang terbuka mauapun tertutup yang disebabkan oleh sel-sel kulit mati atau kelebihan kelenjar minyak pada kulit wajah dan biasanya paling banyak ditemukan di hidung.

Walaupun kecil, komedo bisa sangat mengganggu penampilan anda yang akan terlihat sempurna. Untuk jenis kulit berminyak, lebih cenderung untuk mendapati komedo di wajah dibandingkan dengan jenis yang kering. Untuk menyingkirkan komedo, ada berbagai cara menghilangkan komedo. Namun, sebelum mencoba cara menghilangkan komedo, ada baiknya mengetahui jenis-jenis komedo.

Daftar Isi Cara Menghilangkan Komedo

  • Jenis-Jenis Komedo
  • Cara Menghilangkan Komedo Secara Tradisional
    Lidah Buaya – Madu – Lemon – Putih Telur – Es Batu – Kedelai – Air Garam – Baking Soda – Pasta Gigi – Uap Air Panas – Lobak
  • Menghilangkan Komedo dengan Cara Modern
    Pore Pack – Facial – Procedure Chemical Peeling – Menggunakan Lotion – Alat Ekstraktor Komedo – Teknik Laser

Cara Lengkap Menghilangkan Komedo

Jenis-Jenis Komedo

Ada dua jenis komedo yaitu blackhead dan whitehead. Blackhead merupakan jenis komedo yang besar dan hitam di pori-pori sehingga sangat nampak bentuknya di wajah. Blackhead ini terjadi saat pori-pori menjadi besar dan terbuka ke kulit dan kelenjar minyak yang kemudian berubah menjadi warna hitam atau coklat karena teroksidasi oleh udara. Selain blackhead, ada juga whitehead. Whitehead merupakan jenis komedo yang berwarna putih dan terjadi saat bakteri dan minyak yang berada di bawah permukaan kulit terperangkap dan kemudian mengeras. Selain itu, whitehead lebih susah dihilangkan dibandingkan dengan blackhead.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Tradisional

Ada banyak cara untuk menghilangkan komedo secara alami yang bahan-bahannya bisa anda temukan dengan mudah. Berikut ini cara-caranya:

1. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya sudah dipercaya dari generasi ke generasi sebagai solusi berbagai masalah kulit, termasuk komedo. Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan komedo ialah ambil lendir lidah buaya. Kemudian oleskan lendir lidah buaya tersebut ke area yang berkomedo. Lalu, diamkan selama 10 hingga 15 menit dan bilas dengan air bersih.

2. Menggunakan Madu

Madu memiliki beribu macam khasiat dan manfaat untuk wajah. Selain melembabkan, menghaluskan dan menghilangkan bekas jerawat, madu juga berguna untuk menghilangkan komedo. Cara untuk menghilangkan komedo dengan madu ialah madu dihangatkan terlebih dahulu. Kemudian oleskan madu yang sudah dihangatkan. Lalu, diamkan selama 20-30 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan 2x seminggu dan juga gunakan madu yang asli bukan yang olahan agar hasil lebih maksimal.

3. Menggunakan Lemon

Lemon dengan kandungan vitamin C nya yang kaya ternyata ampuh dalam menghilangkan komedo. Caranya ialah pertama-tama bersihkan wajah anda dengan air hangat. Kemudian iris buah lemon tipis-tipis. Lalu, gosokkan irisan lemon tersebut ke area yang berkomedo. Gosok sampai bersih dan komedo anda akan hilang.

4. Menggunakan Putih Telur

Putih telur memiliki banyak khasiat untuk wajah terutama dalam menghilangkan komedo. Cara menggunakan putih telur untuk menghilangkan komedo ialah pisahkan putih dan kuning telur. Lalu, kocok putih telur. Kemudian, oleskan kocokan putih telur ke area yang berkomedo. Kemudian, tutup segera dengan tisu dan tunggu sampai kering. Setelah kering, anda bisa membuka tisu tersebut dan melihat komedo yang sudah terangkat.

5. Menggunakan Es Batu

Ternyata, es batu, selain bisa menghilangkan bekas jerawat, juga mampu menghilangkan komedo. Caranya ialah gosok-gosok bagian komedo dengan es batu. Hal ini juga bertujuan agar pori-pori bisa mengecil sehingga menghalangi munculnya komedo kembali.

6. Menggunakan Kedelai

Kedelai juga ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan komedo. Caranya ialah blender kedelai secukupnya. Kemudian kedelai yang sudah diblender di oleskan ke area yang berkomedo. Tunggu 15-20 menit. Kemudian bilas wajah dengan air bersih.

7. Menggunakan Air Garam

Garam, tak hanya berguna sebagai penambah cita rasa makanan, tetapi juga bisa digunakan untuk menghilangkan komedo. Caranya ialah dengan campuran air hangat dan garam yang digosokkan ke area yang berkomedo secara lembut dan perlahan. Dan bilas wajah anda dengan bersih.

8. Menggunakan Baking Soda

Baking soda tak hanya sekedar sebagai pelengkap di dapur semata tetapi juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Caranya ialah gunakan kurang lebih dua sendok baking soda. Kemudian campurkan sedikit air dan diaduk. Kemudian aplikasikan ke area yang berkomedo. Diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas wajah anda dengan air bersih.

9. Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi yang mengandung flouride tak hanya bisa menghilangkan jerawat tetapi juga bisa menghilangkan komedo . caranya ialah oles pasta gigi ke area yang berkomedo. Lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

10. Menggunakan Uap Air Panas

Uap air panas ternyata mampu menghilangkan komedo, terutama blackhead. Cara menggunakannya ialah rebus air panas. Kemudian taruh air panas di wadah. Lalu, hadapkan wajah anda ke wadah. Lalu diamkan sampai pori-pori membuka. Kemudian bersihkan komedo anda dengan tangan yang bersih.

11. Menggunakan Lobak

Lobak merupakan sayuran yang berwarna putih dan tumbuh di tanah ini bisa digunakan untuk menghilangkan komedo yang membandel. Caranya ialah tumbuk lobak dengan lembut secukupnya. Kemudian campurkan lobak dengan air. Lalu oleskan lobak tersebut ke area wajah yang berkomedo dan diamkan kurang lebih tiga puluh menit. Kemudian bilas wajah dengan air bersih.

Menghilangkan Komedo dengan Cara-Cara Modern

Jika anda keberatan menggunakan cara-cara tradisional yang memakan waktu lama, anda bisa menggunakan cara-cara yang praktis yang cepat dan tidak memakan waktu lama seperti yang tertera di bawah ini:

1. Menggunakan Pore Pack

Banyak pore pack yang tersedia di supermarket-supermarket atau toko-toko kelontong terdekat anda. Dengan menggunakan pore pack, anda hanya menempelkan pore pack di bagian hidung dan tunggu hingga mengering. Kemudian, lepaskan pore pack secara perlahan dan bersihkan wajah anda dengan air bersih.

2. Facial

Facial bisa anda temukan di klinik-klinik kecantikan atau salon-salon terdekat di rumah anda. Dengan melakukan facial, komedo-komedo yang sulit diangkat, seperti whitehead, bisa diatasi. Namun, jika anda melakukan akan terasa agak sakit. Biasanya, untuk facial dilakukan penguapan agar pori-pori terbuka dan pengangkatan komedo lebih mudah dan tidak menyebabkan nyeri.

3. Procedure Chemical Peeling

Procedure Chemical Peeling juga bisa anda temukan di klinik-klinik kecantikan di kota anda. Dengan melakukan procedure ini, sel-sel mati yang termasuk komedo dan bekas jerawat akan terangkat dengan mudahnya tanpa merasakan sakit.

4. Menggunakan Lotion

Untuk menghilangkan komedo, banyak lotion yang dijual bisa untuk dipergunakan. Biasanya lotion yang digunakan untuk menghilangkan komedo, berbarengan dengan lotion untuk menghilangkan jerawat. Anda juga harus rajin memakainya, agar komedo tak muncul kembali.

5. Menggunakan Alat Ekstraktor Komedo

Alat ekstraktor komedo bisa anda gunakan untuk menghilangkan komedo. Tahap pertama yang anda lakukan ialah bersihkan wajah anda. kemudian gunakan alat-alat tersebut dibagian yang berkomedo. Namun, anda harus hati-hati dalam menggunakannya karena bisa melukai wajah anda. anda bisa menemukan alat ekstraktor di penjual peralatan kecantikan bahkan di online shop sekalipun.

6. Menggunakan Teknik Laser

Selain bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat, teknik laser juga bisa digunakan untuk menghilangkan komedo. Dengan waktu yang digunakan singkat, komedo bisa hilang dalam sekejap mata. Anda bisa menemukan teknik laser ini di klinik-klinik kecantikan terdekat.

Selain cara-cara yang sudah disebutkan di atas, ada baiknya anda menjaga dan merawat kebersihan wajah anda serta pola hidup yang sehat secara teratur seperti rajin mencuci muka, konsumsi makanan yang mengandung vitamin A, vitamin E, Vitamin C, Selenium dan Zink yang bisa anda temukan di sayuran maupun daging-daging yang segar. Selain itu, disarankan untuk tidak menggunakan krim atau kosmetik yang berminyak dan yang cocok untuk wajah anda, menghindari stress, minum air putih yang banyak dan tidak memakan makanan yang tidak sehat seperti junk food dan goreng-gorengan, serta menghindari mengonsumsi alkohol dan rokok.

“Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter kulit anda mengenai permasalahan-permasalahan di wajah”.

Dengan melakukan pola hidup yang sehat dan rajin merawat wajah, maka komedo akan ragu untuk muncul kembali sehingga anda bisa memaksimalkan penampilan wajah anda.

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Ampuh (Tradisional VS Modern)
4.94 (98.82%) 17 votes

Kecantikan Kulit Wajah

« Previous Post
Bagaiman Cara Memutihkan Gigi Paling Cepat Secara Alami
Bagaiman Cara Memutihkan Gigi Paling Cepat Secara Alami
Next Post »
Cara Lengkap Memutihkan Wajah Secara Alami dan Cepat
Cara Lengkap Memutihkan Wajah Secara Alami dan Cepat

Related Post

Source : Paramudi

Artikel Informasi Kesehatan Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top