Mengenal Lebih Dalam Cara Menghilangkan Kutil

Mengenal Lebih Dalam Cara Menghilangkan Kutil/- -

Kutil adalah salah satu jenis penyakit kulit yang cukup familiar karena banyak orang yang terkena penyakit ini. Tapi satu hal yang cukup disayangkan adalah kurangnya pengetahuan tentang kutil, baik penyebabnya, cara menghilangkan kutil, dan cara untuk menghambat penularannya. Banyak yang menganggap bahwa kutil adalah penyakit yang tidak berbahaya sehingga tidak membutuhkan pengobatan yang serius. Pada dasarnya, kutil adalah penyakit kulit dan termasuk dalam kategori tumor jinak yang tidak terlalu berbahaya. Namun tetap saja harus dilakukan pengobatan yang tepat untuk menyembuhkan penyakit ini. Salah satu anggapan salah yang berkembang di masyarakat adalah bahwa kutil dapat hilang dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan apapun. Hal itu tentunya tidak benar karena ada beberapa cara menghilangkan kutil yang harus dilakukan jika ingin penyakit kulit tersebut sembuh dan hilang.

Jika Anda salah satu orang yang memiliki kutil maka hal lain yang harus dilakukan selain menerapkan cara menghilangkan kutil adalah menghambat penularannya. Menghilangkan kutil memang penting namun mencegah penularannya juga penting agar orang-orang di sekitar Anda terhindar dari penyakit ini. Kutil sangat mudah menular karena penyebab dari penyakit kulit ini adalah virus. Penularannya juga melalui virus yang berpindah dari orang yang terjangkit kutil kepada orang lain melalui kontak langsung sehingga sangat penting untuk Anda mengetahui cara menghilangkan kutil.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kutil bukanlah penyakit kulit yang berbahaya namun penyakit ini cukup mengganggu penampilan seseorang. Apabila kutil muncul pada daerah yang terlihat, seperti wajah dan telapak tangan tentunya akan sangat mengganggu aktivitas yang menuntut seseorang untuk tampil di depan umum. Selain itu, jika kutil muncul di area yang sensitif seperti daerah kelamin, ini akan menyebabkan rasa nyeri dan panas. Oleh karena itu, untuk menghindari gangguan yang mungkin terjadi akibat kutil disarankan untuk mencoba beberapa cara menghilangkan kutil berikut ini. Selain menghilangkan kutil Anda juga harus memperhatikan bagaimana cara menghambat penularannya.

Cara Menghilangkan Kutil dan Cara Menghambat Penularannya

  • Kapur sirih

Kapur sirih dapat digunakan untuk menghilangkan kutil baik di berbagai area kulit. Kapur sirih yang pada umumnya diketahui sebagai bahan penghilang bau badan ternyata juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kutil. Gunakanlah kapur sirih pada kulit yang terkena kutil. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakanlah hingga kutil menghilang. Oleh karena itu, Anda harus rajin dan sabar sampai kutil benar-benar hilang karena jika Anda menghentikan penggunaan kapur sirih sebelum kutil hilang seutuhnya, dikhawatirkan virus kutil masih dapat menyebar. Anda tidak perlu bingung bagaimana cara mendapatkan kapur sirih karena bahan ini sangat mudah diperoleh dengan harga yang terbilang murah.

  • Cuka apel

Cuka apel adalah bahan yang dipercaya cukup efektif sebagai cara menghilangkan kutil. Cuka apel yang memiliki tingkat keasaman tinggi dirasa memiliki kemampuan yang cukup untuk menghilangkan kutil dalam waktu yang relatif singkat. Walaupun dipercaya mampu menghilangkan kutil secara efektif namun satu hal yang harus diperhatikan adalah lakukan perawatan cuka apel dengan benar dan secara rutin. Perawatan menggunakan cuka apel yang benar adalah dengan membasahi kapas dengan cuka apel dan membalutkannya pada kutil. Lakukan perawatan semacam ini secara rutin hingga kutil benar-benar menghilang.

Catatan penting jika Anda memilih cuka apel sebagai cara menghilangkan kutil adalah Anda harus rajin mengganti kapas yang telah dibasahi dengan menggunakan cuka apel tersebut. Apabila kapas dirasa sudah kering, maka segeralah mengganti dengan kapas baru yang juga sudah dibasahi dengan cuka apel. Hal ini penting dilakukan agar proses penghilangan kutil tersebut berlangsung dengan cepat. Untuk menghindari kapas yang mudah terlepas, Anda bisa menggunakan perekat. Hal ini bertujuan untuk membantu Anda tetap bebas beraktivitas walaupun sedang menjalani perawatan dari cara menghilangkan kutil.

  • Lidah buaya

Seperti yang banyak diketahui bahwa lidah buaya adalah salah satu tanaman yang memiliki cukup banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Di antara beberapa manfaatnya adalah menjaga kelembaban kulit, menjaga kekencangan kulit, dan satu manfaat yang jarang diketahui adalah bahwa lidah buaya dapat digunakan sebagai perawatan untuk menghilangkan kutil. Kandungan vitamin E yang terdapat pada lidah buaya sangat bermanfaat untuk menghilangkan kutil dari kulit. Cara menghilangkan kutil dengan lidah buaya terbilang cukup sederhana yaitu dengan menempelkan getah dari tanaman tersebut pada kulit yang terkena kutil. Gunakanlah getah lidah buaya tersebut sebagai olesan pada kutil hingga penyakit yang tergolong tumor jinak ini benar-benar hilang. Apabila kutil sudah hilang, Anda juga tetap bisa memanfaatkan getah lidah buaya untuk jenis perawatan kulit lainnya.

  • Kulit pisang

Mungkin banyak di antara Anda yang masih bingung bagaimana pemanfaatan kulit pisang untuk menghilangkan kutil. Sebenarnya kulit pisang yang digunakan adalah kulit bagian dalamnya. Cara menggunakan kulit pisang ini terbilang cukup mudah, yaitu dengan mengerok bagian dalam kulit pisang tersebut dan oleskanlah pada kulit Anda yang terkena kutil. Bagian dalam dari kulit pisang yang dikerok ini akan berwujud seperti bubur sehingga bisa langsung digunakan karena dengan sendirinya akan menempel pada kulit. Jika Anda memilih kulit pisang sebagai cara menghilangkan kutil, sebaiknya siapkan sedikit waktu karena Anda harus menunggu kulit pisang tersebut hingga mengering di kulit anda. Setelah kulit pisang tersebut mengering, barulah Anda basuh dengan air dan pastikan Anda melakukan perawatan ini hingga kutil menghilang seutuhnya.

  • Kentang

Hal pertama yang mungkin Anda tanyakan ketika mendengar kentang dapat digunakan untuk menghilangkan kutil adalah bagaimana cara penggunaannya? Cara menghilangkan kutil menggunakan kentang merupakan salah satu jenis pengobatan yang paling sederhana dan cukup efektif. Anda hanya perlu merebus kentang yang kemudian tempelkan pada kulit yang terkena kutil. Ada juga versi lain dari cara penggunaan kentang untuk menghilangkan kutil yaitu dengan mengoleskan getahnya pada kutil. Kedua versi penggunaan kentang tersebut sudah dicoba dan terbukti ampuh menghilangkan kutil.

Demikianlah lima cara menghilangkan kentang secara alami. Apabila Anda sudah mencoba beberapa cara namun kutil tidak juga hilang, segeralah periksa ke dokter untuk melakukan perawatan medis. Cara medis yang lazim digunakan untuk menghilangkan kutil adalah dengan melakukan operasi kecil. Setelah mengetahui cara yang tepat untuk menghilangkan kutil, selanjutnya akan dijelaskan tentang cara menghambat penularan kutil.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kutil disebabkan oleh virus yang mudah menular melalui kontak langsung. Maka bagi Anda yang memilik kutil wajib menjaga kontak langsung yang membahayakan orang lain. Seperti, hindari penggunaan handuk atau pakaian secara bergantian, gunakanlah peralatan pribadi agar virus tidak menyebar (gunakan peralatan mandi dan makan yang terpisah dari orang lain). Semoga artikel tentang cara menghilangkan kutil ini bermanfaat bagi Anda yang sedang bingung mencari solusi mudah dan aman untuk menghilangkan kutil.

Mengenal Lebih Dalam Cara Menghilangkan Kutil
4.5 (90%) 2 votes

aneka Kecantikan

« Previous Post
9 Upaya Cara Menghilangkan Keputihan Pada Wanita
9 Upaya Cara Menghilangkan Keputihan Pada Wanita
Next Post »
Faktor Penyebab dan 12 Cara Menghilangkan Stres Dengan Cepat
Faktor Penyebab dan 12 Cara Menghilangkan Stres Dengan Cepat

Related Post

Source : Paramudi

Artikel Informasi Kesehatan Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top