9 Upaya Cara Menghilangkan Keputihan Pada Wanita

9 Upaya Cara Menghilangkan Keputihan Pada Wanita/- -

Bagi kaum wanita pasti pernah menjumpai namanya keputihan. Keputihan merupakan penyakit yang timbul sebagai penyebab dari adanya kuman atau bakteri. Saat melakukan aktivitas sehari-hari, keputihan yang terjadi pada organ intim wanita membuat rasa tidak nyaman, seperti gatal dan bau tidak sedap. Bagi mereka terbiasa menjumpai keputihan mungkin menjadi hal yang tidak perlu dikhawatirkan bahkan menganggap sepele karena dampak yang terjadi dirasa tidak membahayakan serta hanya bersifat sementara. Cara menghilangkan keputihan sebenarnya banyak, baik secara alami maupun dengan menggunakan obat. Namun kebanyakan dari kaum wanita saat menjumpai keputihan tidak menghiraukan cara tersebut. Apabila hal tersebut dibiarkan secara terus-menerus akan sangat membahayakan karena bisa menyebabkan kemandulan, bahkan kematian. Benarkah?

Perlu Anda ketahui, keputihan dibagi menjadi dua golongan, yaitu keputihan normal dan tidak normal. Jika Anda mengalami gejala pada organ intim Anda berupa keluar cairan berwarna bening, tidak gatal, tidak mengeluarkan bau, terjadi pada masa puber, menstruasi, serta saat hamil, dapat dipastikan Anda mengalami keputihan normal. Tetapi, apabila cairan yang dikeluarkan sudah tidak bening, berbau, gatal, cenderung berwarna seperti putih kekuningan hingga kehijauan, cairan kental serta jumlah yang tidak sedikit, dapat dipastikan Anda mengalami keputihan tidak normal, sehingga perlu cara mengilangkan keputihan secara lebih intens.

Banyak cara menghilangkan keputihan, akan tetapi tidak dianjurkan apabila dilakukan dengan menggunakan obat secara terus-menerus karena akan menimbulkan efek samping. Kaum wanita tentu wajib tahu kalau keputihan juga bisa dihilangkan dengan cara yang sederhana selain menggunakan obat.

Cara Menghilangkan Keputihan Secara Sederhana

Cara menghilangkan keputihan banyak dilakukan dengan berbagai cara, tentunya yang mudah dan praktis. Bahkan dapat dihilangkan dengan cara-cara yang mungkin belum pernah Anda ketahui. Di bawah ini ada beberapa Cara menghilangkan keputihan yang perlu Anda coba:

1. Menjaga Pola Hidup
Pola Hidup yang tidak sehat akan mempengaruhi kesehatan dan berdampak buruk pada organ tubuh. Sebaliknya, jika Anda menjaga pola hidup yang baik, tentu membuat tubuh selalu fit bahkan membuat awet muda. Seperti apa menjaga pola hidup yang baik itu? Sederhana, cukup melakukan olahraga secara teratur. Tetapi bagaimana jika sibuk dan tidak ada waktu untuk berolahraga? Olahraga tidak perlu dilakukan dengan waktu yang banyak, sekitar 10-20 menit itu sudah cukup jika dilakukan secara teratur, dan bisa dilakukan saat Anda bangun tidur, sehingga tidak mengganggu kesibukanmu.

Selain melakukan olahraga secara teratur, menjaga pola makan yang dikonsumsi juga perlu diperhatikan. Tak perlu mahal, asal kebutuhan tubuh seperti protein, karbohidrat, vitamin terpenuhi. Sayur-sayuran, buah-buahan, susu sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terkena penyakit atau virus. Menjaga kebersihan juga perlu diperhatikan, seperti pemakaian celana dalam. Jika sudah tidak layak pakai, dianjurkan untuk membeli yang baru agar tidak ada kuman yang masuk ke organ intim Anda terlebih jika Anda sedang mengalami keputihan, penggunaan celana dalam yang bersih akan berpengaruh pada proses terjadinya keputihan. Dengan pola hidup yang sehat, cara menghilangkan keputihan pun dapat teratasi tanpa perlu mengkonsumsi obat-obatan.

2. Hindari Makanan-makanan tertentu
Jika Anda sedang mengalami keputihan, ada beberapa makanan yang perlu dihindari untuk dikonsumsi sebagai cara cara menghilangkan keputihan, yaitu sebagai berikut :

  • Buah-buahan seperti pisang, anggur, jagung manis. Dan juga sayur-sayuran seperti mentimun serta kentang karena mengandung gilmenik.
  • Tidak dianjurkan untuk mengkonsumi minuman beralkohol, minuman bersoda.
  • Makanan yang terbuat dari bahan tepung karena mengandung kadar gula yang tinggi

3. Gunakan Daun Sirih
Cara menghilangkan keputihan dengan menggunakan tumbuhan herbal sangat bermanfaat. Selain mudah dan praktis, juga tidak mengeluarkan biaya. Biasanya daun sirih dapat kita jumpai di sekitar rumah kita. Caranya cukup mudah. Ambil daun sirih sekitar 8-10 kemudian cuci daun sirih tersebut, kemudian rebus dengan dua liter air selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu gunakan air rebusan tersebut, ingat bukan daunnya lho ya. Gunakan air rebusan tadi untuk membasuh organ intim Anda secara teratur, sekitar 3 kali seminggu.

4. Lidah Buaya
Selain tumbuhan berupa daun sirih, lidah buaya juga sangat bermanfaat, seperti untuk menghilangkan keputihan. Cara menghilangkan keputihan dengan menggunakan lidah buaya cukup mudah, yaitu dengan mengupas lidah buaya tersebut, lalu diambil dagingnya. Kemudian daging lidah buaya yang sudah dibersihkan dan diiris beberapa bagian di rebus. Jangan lupa untuk menambahkan daun sambiloto. Setelah dirasa cukup untuk direbus (sekitar 5-7 menit) angkat dan biarkan beberapa saat. Basuh organ intim dengan air rebusan tadi. Cara ini cukup efektif bagi Anda yang ingin memanfaatkan lidah buaya di sekitar rumah anda.

5. Kunyit
Jika Anda suka memasak, pasti Anda sering menjumpai kunyit. Kunyit merupakan tumbuhan bumbu dapur yang digunakan untuk bahan bumbu masak. Selain digunakan untuk memasak, kunyit juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan keputihan pada kaum wanita. Caranya : kupas kunyit lalu cuci. Peras kunyit tersebut. Tambahkan air asam serta larutan gula jawa, lalu minum. Lakukan secara rutin sesuai kebutuhan Anda.

6. Perhatikan Pembalut yang Anda pakai
Cara menghilangkan keputihan yaitu perhatikan pembalut yang Anda pakai. Pembalut yang harganya mahal belum tentu baik untuk organ intim perlu diperhatikan adalah jangka waktu pemakaian. Pemakaian pembalut yang benar adalah 4 jam sekali, bukan karena masih bersih pembalutnya kemudian dipakai sampai berjam-jam. Selain itu, perhatikan juga kelembapan pada organ intim Anda. Jika Anda menggunakan pembalut yang baik dan benar, kelembapan akan terjaga.

7. Konsultasikan kepada Dokter Ahli
Jika merasa cara menghilangkan keputihan tidak berhasil, dan tidak membaik, Anda perlu pergi ke dokter ahli untuk berkonsultasi. Dokter akan memberikan keterangan yang lebih detail mengenai masalah keputihan yang Anda derita dan penyebab mengapa cara yang sudah digunakan tidak kunjung membaik. Perlu Anda ingat lagi, selain keputihan pada umumnya (keputihan normal), keputihan juga dapat disebabkan karena infeksi yang terjadi pada organ intim, sehingga perlu penanganan khusus yang melibatkan dokter ahli untuk membantu mengatasi masalah tersebut.

8. Hindari Stres
Stres dapat terjadi kapan saja. Terlebih pada wanita, sangat mudah stres pada kondisi tertentu. Stres yang terjadi pada wanita berpengaruh pada keputihan. Untuk mengurasi stress yang terjadi sebagai akibat dari masalah Anda, ceritakan masalah Anda ke teman terdekat, karena dengan menceritakan masalah kita kepada orang yang Kita anggap percaya, akan mendapat solusi dari permasalahan kita dan tentu bisa menurunkan kadar stres. Dengan demikian, cara menghilangkan keputihan dapat teratasi.

9. Konsumi Bawang putih
Jika mengkonsumsi sayur-sayuran, biasanya Anda akan menjumpai bawang putih pada olahan sayuran tersebut. Mengkonsumsi bawang putih dapat menghilangkan keputihan, mengapa? Bawang putih memiliki sifat anti virus dan anti bakteri, sehingga jika Anda mengkonsumsi bawang putih akan menghambat bakteri dan virus yang ada di dalam tubuh. Cara menghilangkan keputihan dengan mengkonsumi bawang putih cukup mudah dan praktis, karena dapat dijumpai setiap hari.

Demikian cara menghilangkan keputihan yang perlu Anda ketahui dan patut untuk dicoba. Semoga bermanfaat ulasan tersebut bermanfaat bagi para penderita keputihan serta yang beresiko terkena penyakit ini.

9 Upaya Cara Menghilangkan Keputihan Pada Wanita
5 (100%) 2 votes

Kecantikan Wanita

« Previous Post
8 Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat dan Tepat
8 Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat dan Tepat
Next Post »
Mengenal Lebih Dalam Cara Menghilangkan Kutil
Mengenal Lebih Dalam Cara Menghilangkan Kutil

Related Post

Source : Paramudi

Artikel Informasi Kesehatan Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top