Manfaat dan Bahaya Sulam Alis yang Perlu Kamu Ketahui

Manfaat dan Bahaya Sulam Alis yang Perlu Kamu Ketahui/- -

Seperti yang kita ketahui, di zaman sekarang ini sedang booming sebuah teknik kecantikan yang dilakukan oleh kaum hawa yaitu sulam alis. Namun apa sih yang sebenarnya serta apa pula manfaat dan bahaya?. Sulam alis ialah teknik yang dilakukan untuk memperindah dan membuat rapih bentuk alis. Hal ini dilakukan agar alis bisa terlihat cantik dan cocok untuk bentuk wajah. Pada dasarnya teknik ini bukan berarti mencukur habis alis melainkan hanya dihilangkan beberapa bagian yang tidak perlu dan membentuknya menjadi pola yang diinginkan.

Disamping manfaat dan bahaya, pewarnaan yang dilakukan untuk sulam alis juga bersifat semi permanen, yang mana bisa saja hilang entah dalam waktu 1 tahun, 2 tahun ataupun 3 tahun. Sedangkan dari segi warnanya tidak ada perubahan, hanya mengalami penurunan warna setelah sulaman selesai dilakukan. Untuk Anda yang sedang berencana untuk melakukan sulam alis, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu apa saja manfaat serta efek samping atau bahaya yang akan diperoleh.

Beberapa Manfaat Sulam Alis

Manfaat dan bahaya sulam alis, sudah banyak para wanita yang melakukannya demi untuk mempercantik dirinya. Lalu, sebenarnya apa sih manfaatnya?

  • Manfaat melakukan sulam alis yang pertama adalah tidak perlu repot-repot menggunakan make up. Biasanya, untuk membuat alis tampak lebih berbentuk digunakan pensil alis yang tebal. Namun dengan adanya sulam pada alis, tidak perlu menggunakan make up karena alis sudah terlihat tebal dan juga berbentuk. Disamping itu, sulam seperti ini juga bisa digunakan untuk para wanita yang memiliki bulu alis tipis. Sebab, sulam ini akan membuat alis terlihat lebih tebal dan lebat.
  • Manfaat kedua yaitu bagi mereka yang kehilangan alis karena suatu sebab apapun entah tercukur atau akibat dampak kemoterapi bisa memanfaatkan teknik sulam untuk alis ini.
  • Kemudian, untuk yang memiliki bulu alis yang tidak simetris atau sejajar, bisa diselesaikan dengan pemanfaatan sulam ini. Maka hasilnya adalah alis akan terlihat rapih dan cantik.

Jika dilihat-lihat, sulam alis memang memiliki peranan yang cukup fenomenal untuk dunia kecantikan, namun sebelum menerapkan sulam ini pada alis, ada banyak sekali yang perlu diketahui terkait manfaat dan bahaya sulam alis.

Para publik figur yang berbondong-bondong melakukan sulam pada alisnya ini merupakan salah satu penyebab paling utama yang membuatnya menjadi fenomenal. Meskipun harga yang harus dikeluarkan bisa dikatakan lumayan mahal, demi mendapatkan alis yang sempurna seperti yang dimiliki publik figur tersebut banyak wanita yang rela menghabiskan banyak uang untuk sulam pada bagian alis ini. Setelah kita membahas manfaatnya, kemudian apa sih sebenarnya dampak yang akan diperoleh ketika kita memutuskan untuk melakukan sulam alis? Berikut ini adalah  bahaya tang mungkin terjadi saat meakukan sulam pada alis.

Bahaya Dari Sulam Alis

Ketika kita membicarakan suatu hal yang berhubungan dengan kecantikan, maka akan ada saja kelebihan dan kekurangan yang diperoleh. Sama halnya dengan sulam alis, ketika memiliki manfaat maka tentu kegiatan mempercantik diri ini juga memberikan efek pada tubuh. Berikut ini adalah beberapa bahaya yang ditimbulkan akibat sulam pada alis yang perlu Anda ketahui sebelum memilih untuk melakukannya.

1. Rasa sakit

Hampir sama seperti mentato, sulam alis juga melibatkan lapisan kulit meskipun hanya di lapisan kedua. Alat yang digunakan juga hampir sama yakni sebuah alat yang di dalamnya terdapat pewarna sulam serta jarum. Yang mana alat tersebut dibuat dengan menggunakan logam runcing. Bisa dibayangkan ketika alat yang runcing tersebut masuk ke lapisan kulit alis dan bergesekan secara terus menerus. Mengingat hal itu, maka sudah pasti rasa sakit yang luar biasa seperti perih dan terbakar akan ditanggung ketika melewati proses penyulaman tersebut. Terkait rasa sakit inilah yang membuat banyak wanita berpikir ulang untuk melakukannya.

Sedangkan untuk kulit yang sensitif melakukan sulam alis bisa menyebabkan iritasi yang berkepanjangan. Apalagi bagi mereka yang alergi dengan bahan-bahan kimia, maka menggunakan sulam alis merupakan suatu kesalahan besar. Bukannya menjadi cantik, justru bisa saja alis berubah menjadi rusak. Oleh karena itu, ketika memilih untuk melakukan sulam alis, pilihlah klinik kecantikan profesional yang sudah diberi perizinan khusus oleh badan kesehatan pemerintah. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko kemungkinan mal praktek yang berbahaya.

2. Penyakit Kulit

Bahaya dari sulam alis selanjutnya adalah rentan terkena penyakit kulit. Mengapa seperti itu? Hal ini dikarenakan, ketika seseorang melakukan sulam maka pori-pori kulit yang ada di area sekitaran alis akan terbuka sehingga menyebabkan mudahnya bakteri, kotoran, debu dan lain sebagainya masuk ke dalam kulit.

Kemudian keadaan ini tentu menyebabkan kulit mudah teriritasi dan terserang berbagai macam penyakit kulit. Selain itu, peralatan sulam yang tidak steril juga bisa menimbulkan pembengkakan pada kulit yang tentunya sangat menyakitkan. Bahkan untuk beberapa kasus yang parah, bisa menghasilkan nanah. Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui steril tidaknya alat yang digunakan untuk sulam ini.

3. Membekas

Seperti yang sudah dijelaskan, sulam alis sifatnya semi permanen dan bisa saja hilang setelah beberapa tahun lamanya. Namun yang dimaksud dengan hilang itu bukan berarti bersih begitu saja. sebab, mengingat prosesnya yang menggunakan ala runcing maka sudah dapat diketahui bahwa akan terdapat bekas goresan di daerah alis yang pernah disulam. Luka yang diakibatkan sulam ini biasanya membentuk sebuah garis yang berada tepat di alis mata atau di atasnya, tergantung dari yang melakukan proses sulam tersebut. Selain itu juga akan meninggalkan bentuk wajah yang menjadi aneh untuk jangka waktu ke depan.

Suatu saat nanti, ketika usia mulai menua maka otomatis kulit wajah juga akan ikut mengendor atau mengerut. Nah, bahaya akibat sulam alis inilah yang nantinya akan berdampak pada proporsional bentuk wajah ketika tua nanti. Yang mana akan terlihat wajah yang tertarik. Hasilnya, ketika tua nanti bukan wajah cantik lagi yang tersisa melainkan wajah yang seperti topeng.

Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo Dengan Ampuh (Tradisional VS Modern)

4. Penyakit berbahaya

Bahaya sulam alis selanjutnya adalah selain bisa menyebabkan rentan penyakit kulit juga bisa saja menularkan berbagai macam penyakit berbahaya seperti hepatitis, atau bahkan HIV/AIDS. Hal ini bisa saja terjadi jika jarum yang digunakan untuk proses sulam ini tidak baru dan steril. Sebab, bisa saja ada kemungkinan jarum yang digunakan untuk menyulam alis tersebut merupakan jarum bekas yang sebelumnya telah digunakan oleh orang sakit.

Berikut tadi merupakan beberapa manfaat dan bahaya sulam alis yang bisa diketahui. Segala sesuatu yang kita lakukan, tentu memiliki banyak sekali pertimbangan, entah itu dari manfaatnya ataupun bahayanya. Kita hanya perlu berpikir kritis untuk memilih mana yang terbaik, khususnya untuk tubuh. Apakah ingin tampil cantik secara instan, menyakitkan dan mengeluarkan uang yang tidak sedikit atau ingin tampil apa adanya terlihat natural dan tidak mengeluarkan uang sebanyak apapun itu hanya untuk mempercantik diri.

Oleh karena itulah semua tergantung dari pilihan setiap orang masing-masing. Demikian ulasan mengenai manfaat dan bahaya sulam alis, semoga tulisan ini bisa dijadikan bahan pertimbangan dan wawasan untuk Anda para pembaca yang tertarik untuk melakukan sulam alis.

Manfaat dan Bahaya Sulam Alis yang Perlu Kamu Ketahui
5 (100%) 2 votes

Alis Wajah

« Previous Post
Cara Menghilangkan Bau Badan Yang Tak Sedap Dengan Alami Dan Aman
Cara Menghilangkan Bau Badan Yang Tak Sedap Dengan Alami Dan Aman
Next Post »
Cara Merawat Rambut Agar Sehat Alami Mudah Diatur
Cara Merawat Rambut Agar Sehat Alami Mudah Diatur

Related Post

Source : Paramudi

Artikel Informasi Kesehatan Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top