Cara Merawat Rambut Agar Sehat Alami Mudah Diatur

Cara Merawat Rambut Agar Sehat Alami Mudah Diatur/- -

Rambut merupakan mahkota wanita yang perlu dijaga. Semua wanita tentu ingin memiliki rambut yang sehat, kuat dan lebat. Akan tetapi, terkadang kenyataan justru sebaliknya. Wanita sering mengalami berbagai masalah kesehatan rambut seperti rontok, kusut, kusam, kering dan lain sebagainya. Tak heran, berbagai cara merawat rambut dilakukan demi mendapatkan rambut yang diidamkan baik melalui perawatan di salon, memakai produk tertentu, dan lain-lain. Semua cara tersebut memerlukan biaya yang tidak sedikit terutama perawatan di salon. Padahal perawatan rambut tidak selalu harus ke salon. Perawatan alami yang dilakukan di rumah juga bisa menjadi solusi yang tepat. Berikut beberapa cara merawat rambut agar sehat dengan melakukan perawatan sederhana di rumah.

Cara Merawat Rambut Sederhana yang Baik dan Benar

  • Hindari Keramas Setiap Hari

Banyak wanita yang berpikir bahwa cara merawat rambut yang paling baik adalah dengan keramas setiap hari. Wanita percaya bahwa jika keramas setiap hari, maka rambut akan sehat dan cepat panjang. Padahal justru kebalikannya, cara merawat rambut yang benar adalah dengan tidak keramas setiap hari. Wanita sebaiknya keramas 2-3 hari sekali saja. Keramas setiap hari memang membuat rambut terasa bersih dan tidak lembab. Namun, dengan membatasi keramas, justru kelembaban rambut akan terjaga karena pada dasarnya kelembaban tersebut mengandung minyak alami rambut yang tidak sepenuhnya buruk bagi kesehatan kulit kepala.

  • Gunakan Kondisioner Dengan Madu

Kondisioner memang banyak dipilih oleh wanita untuk perawatan rambut. Selain karena harganya yang murah, kondisioner juga mudah sekali ditemukan di pasaran dengan berbagai merk yang bisa dipilih. Namun, sebenarnya penggunaan kondisioner saja tidak cukup untuk merawat rambut agar tetap sehat. Cara merawat rambut yang benar adalah dengan menggunakan kondisioner yang telah ditambahkan madu. Cara membuatnya juga mudah, yaitu Anda cukup mencampur 1 sdm kondisioner dengan 1 sdt madu alami dan membalurkannya pada rambut. Anda harus mendiamkan ramuan tersebut selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air hingga bersih.

  • Potong Ujung Rambut Secara Rutin

Cara merawat rambut yang mungkin jarang dilakukan adalah memotong ujung rambut secara rutin. Agar rambut Anda sehat dan indah, Anda harus mulai membiasakan diri untuk memotong ujung rambut setiap 6-8 minggu sekali. Ada banyak manfaat yang bisa di dapatkan dengan rutin melakukan hal ini. Memotong ujung rambut secara rutin bisa menjaga rambut dari masalah rambut bercabang dan kering. Manfaat lainnya adalah pertumbuhan rambut akan tetap sehat. Anda bisa melakukan hal ini sendiri di rumah atau pergi ke salon.

  • Hindari Menyisir Rambut Yang basah

Menyisir rambut setelah selesai keramas memang kegiatan yang wajib dilakukan karena pada saat itu rambut yang basah menjadi lebih mudah dan lembut saat disisir. Tetapi sebenarnya cara tersebut kurang tepat. Fakta membuktikan bahwa rambut yang basah 3 kali lebih mudah rontok, patah dan rapuh. Cara merawat rambut yang benar agar sehat adalah dengan menghindari menyisir rambut saat dalam kondisi basah. Anda bisa menyisir rambut setelah dirasa sudah lebih kering. Namun, jika memang terpaksa, Anda bisa menyisir rambut yang basah dengan sisir yang bergigi renggang.

  • Hindari Hair Dryer

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, hindari menyisir rambut yang masih dalam kondisi basah. Tetapi, menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut dengan cepat agar bisa segera disisir juga bukan cara yang tepat. Cara merawat rambut yang tepat adalah dengan membiarkan rambut basah menjadi kering dengan sendirinya atau secara alami. Memang dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengeringkan rambut secara alami tetapi cara ini bisa menjaga kesehatan rambut. Namun, jika Anda dalam kondisi terburu-buru, Anda bisa mengeringkan rambut dengan kipas angin bukan hair dryer.

Cara Merawat Rambut Dengan Bahan – Bahan Alami

1. Minyak Zaitun
Selain cara merawat rambut sederhana yang dilakukan di rumah, Anda juga bisa merawat rambut dengan menggunakan beberapa bahan alami. Cara merawat rambut sehat dengan bahan alami adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Mungkin Anda sudah sering mendengar mengenai minyak zaitun yang dapat membuat rambut menjadi sehat dan lembut. Anda bisa membuat minyak zaitun sendiri atau membelinya karena sudah banyak dijual di pasaran. Untuk merawat rambut dengan minyak zaitun, Anda bisa mengoleskannya ke rambut sebelum keramas. Setelah itu, Anda harus mendiamkannya selama 5 menit sebelum membilasnya dengan air hingga bersih.

2. Alpukat
Buah Alpukat memang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Anda tentu tahu khasiat buah alpukat untuk menghaluskan kulit, bukan? Ternyata, selain bagus untuk kulit, buah alpukat juga bisa digunakan untuk melembutkan dan melembabkan rambut secara alami. Cara merawat rambut dengan alpukat adalah dengan membuat masker alpukat. Cara membuatnya juga mudah. Pertama, Anda bisa memblender alpukat hingga halus dan mencampurkannya dengan 2 butir putih telur. Setelah siap, Anda tinggal membalurkan campuran ini ke rambut hingga rata sembari memijat kepala secara perlahan. Terakhir, Anda harus mendiamkan rambut selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air bersih.

3. Cuka Apel
Anda mungkin banyak yang belum tahu mengenai khasiat cuka apel untuk kesehatan rambut. Cuka apel bisa melembutkan dan menghaluskan rambut secara alami. Cara merawat rambut dengan cuka apel adalah dengan mencampurkan setengah cangkir cuka apel dan 1 sendok makan minyak gandum. Setelah tercampur, Anda bisa menambahkan air secukupnya dan mengoleskannya secara merata ke permukaan rambut. Anda harus mengoleskannya setelah keramas atau saat rambut masih basah. Terakhir, diamkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

4. Minyak Alami
Cara merawat rambut selanjutnya adalah menggunakan minyak alami. Minyak alami bisa berasal dari berbagai macam minyak seperti minyak almond, minyak bunga matahari dan minyak kelapa. Minyak alami dapat meningkatkan kelembaban rambut sehingga bagus untuk wanita yang memiliki rambut bercabang atau kering. Cara menggunakannya pada rambut juga sangat mudah. Pertama, Anda harus mengoleskan minyak alami setelah keramas dengan shampo. Kedua, bungkus rambut dengan handuk hangat. Terakhir, diamkan selama 15 menit sebelum membilasnya hingga bersih.

5. Mayonaise
Cara merawat rambut yang terakhir adalah dengan menggunakan mayonaise. Cara mengaplikasikannya tentu sangat mudah. Anda harus melakukan kegiatan keramas dan mengeringkan rambut seperti biasanya. Setelah rambut kering, Anda bisa langsung mengoleskan mayonaise ke seluruh permukaan rambut. Kemudian, bungkus dengan handuk hangat atau shower cap. Terakhir, cukup diamkan selama sekitar 20-25 menit, lalu bilas hingga bersih.

Demikianlah beberapa cara merawat rambut secara alami yang mudah dilakukan tanpa perlu biaya besar. Rambut memang menjadi mahkota wanita, jadi menjaga kesehatannya adalah suatu keharusan. Cara alami adalah cara yang lebih aman dan sehat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi solusi atas masalah kesehatan rambut yang Anda alami. Selamat mencoba.

Cara Merawat Rambut Agar Sehat Alami Mudah Diatur
5 (100%) 3 votes

Kesehatan Rambut

« Previous Post
Manfaat dan Bahaya Sulam Alis yang Perlu Kamu Ketahui
Manfaat dan Bahaya Sulam Alis yang Perlu Kamu Ketahui
Next Post »
Cara Menghilangkan Panu Secara Alami Dalam Sekejap
Cara Menghilangkan Panu Secara Alami Dalam Sekejap

Related Post

Source : Paramudi

Artikel Informasi Kesehatan Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top