Cara Menghilangkan Panu Secara Alami Dalam Sekejap

Cara Menghilangkan Panu Secara Alami Dalam Sekejap/- -

Mungkin sudah sering terdengar di telinga kita mengenai penyakit satu ini, orang menyebutnya panu, atau dalam bahasa ilmiahnya disebut tinea versicolor. Penyakit ini tergolong penyakit ringan, tetapi sangat mengganggu dan bisa menurunkan tingkat percaya diri bagi siapapun yang terkena penyakit ini. Cara menghilangkan panu tentu sangat penting untuk dipelajari karena suatu saat atau bahkan saat ini penyakit ini bisa menimpa Anda. Beberapa dari kita yang peduli dengan penampilan akan sangat merasa terganggu dengan adanya panu ini, kita akan berupaya sebisa mungkin untuk mencari cara menghilangkannya dengan cepat dan bila memungkinkan tanpa efek samping.

Panu adalah penyakit kulit yang menular, didasari karena pertumbuhan jamur yang bernama Candida Albicans. Gejala panu dapat terlihat dengan mudah dan dapat dirasakan dengan baik oleh penderitanya karena bila kita terkena panu, maka di bagian kulit kita tersebut akan berubah warna menjadi sedikit keputihan dan disertai rasa gatal. Jika sudah demikian, maka banyak orang yang bertanya-tanya tentang bagaimana cara menghilangkan panu tersebut. Panu ini akan semakin terasa gatal dan meluas bila kondisi kebersihan badan tidak terjaga seperti kurangnya membersihkan badan atau mandi.

Bagaimana cara menghilangkan panu?

Sebenarnya cukup mudah dan banyak cara menghilangkan panu ini. Apalagi sekarang ini sudah banyak dijual di berbagai apotek, atau bahkan toko kecil sekalipun produk-produk penghilang panu, ada yang berbentuk salep, ada juga yang berbentuk pil atau jamu. Namun, alangkah lebih baik lagi bila kita mengobatinya secara alami. Di samping menghindari efek samping yang bisa ditimbulkan oleh obat-obatan tadi, bahan yang alami juga cenderung mudah didapat. Sebelum kita melakukan pembahasan lebih jauh mengenai cara menghilangkan panu, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dapat menyebabkan panu itu sendiri.

Beberapa faktor penyebab timbulnya panu:

  • Keringat yang berlebih pada bagian tertentu di tubuh kita, hal itu bisa terjadi saat kita melakukan aktivitas yang padat atau bahkan saat kita berolah raga.
  • Paparan sinar matahari langsung dalam periode yang lama bisa membantu tumbuh kembang di panu itu sendiri.
  • Sering melakukan pergantian pakaian atau handuk dengan orang lain. Walaupun masih dalam satu keluarga, pastikan baju, handuk atau pakaian yang kita gunakan tidak bercampur atau dipakai juga oleh anggota keluarga atau lain, begitu pula sebaliknya.
  • Suhu udara juga berpengaruh terhadap pertumbuhan jamur ini, terutama di suhu yang lembab.
  • Trauma minor pada kulit yang terjadi karena gesekan kulit dengan kulit atau kulit dengan pakaian bisa membantu tumbuh kembang si jamur penyebab panu.
  • Sering menggunakan pakaian yang sama, atau jarang mengganti dan mencuci pakaian juga mendapat andil memudahkan panu ini untuk berinteraksi dengan tubuh anda.

Itulah beberapa faktor yang mempermudah tumbuh kembang panu dalam tubuh kita. Bagi anda yang sudah merasa dihinggapi oleh penyakit ini, Anda tidak perlu khawatir karena ada cara menghilangkan panu secara mudah, alami dan membutuhkan waktu yang cukup singkat. Silahkan simak panduan berikut ini.

Cara, bahan dan langkah untuk menghilangkan panu

Berikut akan kami paparkan cara, bahan dan langkah yang digunakan atau dilakukan sehingga panu yang sudah terlihat bisa langsung diatasi secara alami dan dalam waktu singkat. Bahannya adalah :

1. Belerang dan Jeruk Nipis
Cara menghilangkan panu pertama adalah dengan menggunakan belerang dan jeruk nipis. Belerang sangat ampuh digunakan untuk kulit yang terinfeksi ruam, seperti memerah atau gatal-gatal, kandungan sulfurnya bisa meredakan rasa gatal dan ruam. Sedangkan untuk jeruk nipis kandungan vitamin C nya sangat ampuh untuk meredakan kuman-kuman kecil seperti jamur.

Cara penggunaannya cukup mudah, belerang tadi ditumbuk secara halus dan dicampur dengan perasan air dari jeruk nipis, setelah itu Anda tinggal mengoleskannya saja pada bagian yang terinfeksi panu. Hal ini bisa anda lakukan 2 sampai 3 kali sehari secara merata. Alhasil keesokan harinya panu Anda akan mereda.

2. Lengkuas dan Garam
Cara menghilangkan panu selanjutnya adalah Lengkuas dan garam. Kedua bahan ini sangat mudah ditemukan, karena dua material ini termasuk bumbu dapur yang penggunaannya sangat sering sekali digunakan. Bukan saja sering digunakan, tetapi cara memperolehnya pun bisa dibilang sangat mudah sekali. Banyak dijual di toko-toko kecil maupun toko sayur langganan Anda. Senyawa kuersetin, amilum, dan flavonoid yang dimiliki lengkuas sangat baik untuk mengatasi bakteri serta jamur.

Cara penggunaannya sebagai berikut, ambillah satu lengkuas kemudian belah dan pada bagian lengkuas yang terbelah, kemudian taburkan sedikit garam, oleskan secara merata pada bagian kulit yang terkena panu, gosok secara berlahan agar kulit tidak terlalu pedih. Rasa pedih mungkin akan muncul, tetapi jangan khawatir terhadap hal tersebut, karena dengan adanya rasa pedih itu berarti kandungan pada lengkuas dan garam tadi juga merasuk pada kulit anda dengan baik. Lakukan hal ini 3×1 hari saja, maka keesokan harinya Anda bisa tersenyum karena panu yang tadinya tidak enak dipandang mata di bagian badan Anda sudah mulai menghilang.

Cara menghilangkan panu di atas sangat ampuh dan sudah dipraktekkan sekian lama oleh banyak orang. Solusi bagi anda yang tidak ingin menggunakan bahan-bahan kimia. Bahan-bahan alami juga sangat baik dampaknya bagi tubuh kita, selain tidak menimbulkan efek samping yang bersifat negatif, bahan alami ini terasa lebih enak di kulit.

Anda tidak perlu sampai menggunakan cara menghilangkan panu dengan cara ekstrim yang bisa saja memberi dampak negatif bagi Anda sendiri. Bahkan ada beberapa orang yang merasa sangat kesal dengan penyakit kulit ini dan menggaruknya sekuat tenaga hingga sampai menimbulkan luka-luka pada kulit. Tentu hal itu sangat kurang baik bila ditimbang kita memiliki cara menghilangkan panu yang mudah dan hemat.

Di masa sekarang ini bukan hanya orang dewasa yang bisa terkena panu, bahkan mulai anak-anak dan remaja bisa juga dengan mudah terkena panu. Yang perlu diantisipasi adalah kita sudah tahu terlebih dahulu cara menghilangkan panu tersebut. Kita juga bisa mengajarkan kerabat dekat kita tentang cara menghilangkan panu ini, sehingga keluarga dan rekan terdekat kita saling paham dan menjaga kondisi sehingga tidak sampai panu tadi hinggap di kulit mereka.

Demikian cara menghilangkan panu secara alami yang Anda bisa lakukan di rumah. Cara ini tentu juga sebagai bekal di lingkungan Anda apabila ada rekan keluarga atau rekan terdekat yang juga terkena panu, akan sangat membantu sekali bila Anda share cara menghilangkan panu ini terhadap mereka. Di samping mereka terhindar dan bisa mengobati panu itu sendiri, kondisi lingkungan pun akan lebih sehat dan terhindar dari penyakit jamur yang sangat menggelikan ini.

Cara Menghilangkan Panu Secara Alami Dalam Sekejap
4.8 (96%) 5 votes

Kecantikan Kulit Obat Alami

« Previous Post
Cara Merawat Rambut Agar Sehat Alami Mudah Diatur
Cara Merawat Rambut Agar Sehat Alami Mudah Diatur
Next Post »
9 Tips Dan Cara Cepat Memanjangkan Rambut Secara Alami
9 Tips Dan Cara Cepat Memanjangkan Rambut Secara Alami

Related Post

Source : Paramudi

Artikel Informasi Kesehatan Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top