Cara Mengatasi Rambut Rontok Pria dan Wanita Secara Alami

Cara Mengatasi Rambut Rontok Pria dan Wanita Secara Alami/- -

Pepatah mengatakan bahwa rambut adalah mahkota kita. Betapa tidak, bagaimana model rambut atau warnanya sekalipun mampu mengubah penampilan kita dari yang terlihat biasa saja menjadi luar biasa. Namun apa jadinya bila rambut yang kita rawat dengan sedemikian rupa ini mengalami kerontokan. Tentunya hal ini jadi mengkhawatirkan untuk kita. Bukan hanya menjadi masalah para wanita saja, kerontokan rambut bisa juga dialami oleh para lelaki. Kerontokan rambut juga tak terbatas usia, bagi mereka yang masih muda juga bisa saja mengalami kerontokan rambut.

Apa Itu Rambut Rontok?

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Rambut rontok atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah hair loss ini dikenal dengan alopecia atau baldness dalam istilah kedokteran. Rambut rontok merupakan suatu keadaan dimana terjadi kerontokan rambut yang ada di kepala atau di bagian tubuh lainnya. Kebotakan bisa diartikan dengan kerontokan rambut secara umum atau munculnya petak kosong pada kulit kepala dimana rambut tak lagi tumbuh yang biasanya terjadi pada pria.

Beberapa jenis kasus kerontokan rambut dapat disebut dengan alopecia areata yang merupakan penyimpangan autoimun. Sedangkan kasus yang paling ekstrem pada penyakit alopecia areata disebut dengan alopecia totalis dimana kerontokan terjadi pada seluruh rambut yang tumbuh di kepala kita sehingga kita menjadi botak sepenuhnya. Sedangkan alopecia universalis merupakan kasus kerontokan dimana rambut rontok berasal dari kepala dan dari anggota tubuh kita yang lain.

Tanda-Tanda Rambut Rontok Yang Perlu Diwaspadai

Beberapa gejala rambut rontok biasanya ditandai dengan adanya petak kosong berbentuk bundar yang muncul di kepala dimana rambut tak lagi tumbuh. Munculnya ketombe, kulit kepala kering dan bersisik serta luka pada kulit kepala juga menjadi beberapa ciri yang menandai rontoknya rambut kita. Alopecia areata yang merupakan kerontokan rambut ringan yang terjadi pada alis, bagian rambut yang ada pada bagian pelipis dan belakang kepala. Pada lelaki, kerontokan dan penipisan rambut khususnya akan dimulai dengan rontoknya rambut yang tumbuh di bagian pelipis dan atas kepala. Sedangkan pada wanita, kerontokan biasanya terjadi pada bagian depan dan bagian parietal.

Menurut hasil penelitian, setiap manusia biasanya memiliki 100.000 sampai 150.000 rambut di kepala mereka. Sedangkan secara alami, seharusnya jumlah rambut rontok setiap harinya adalah 100 helai rambut. Untuk menjaga keseimbangan jumlah normal ini, rambut seharusnya digantikan dengan kisaran yang sama dengan jumlah yang hilang. Tanda-tanda bahwa kita perlu mulai khawatir adalah bila rambut mulai terlihat tipis dari volume yang sebelumnya. Tanda pertama bahwa ada penipisan rambut di kepala kita bila kita mencermati volume rambut yang tersangkut pada sisir saat kita selesai menyisir rambut jumlahnya lebih banyak dari pada biasanya. Atau bisa juga dilihat pada saat kita keramas, perhatikan berapa banyak jumlah rambut rontok yang tersangkut pada jeruji pembuangan air. Kita juga bisa melakukan inspeksi kecil dengan menata rambut dan melihat seberapa lebar belahan rambut kita. Semakin lebar belahan rambut tentunya semakin banyak rambut kita yang rontok.

Penyebab Rambut Rontok

Ada beberapa alasan mengapa sebenarnya rambut kita rontok dan menipis dalam skala waktu yang singkat. Beberapa wanita yang menggunakan alat rambut seperti hair dryer, sisir ataupun selalu mengikat rambut merupakan beberapa alasan mengapa rambut menjadi rontok. Ekspos yang terus menerus pada alat-alat tersebut membuat rambut rusak dan kehilangan nutrisi sehingga menjadi rontok. Mewarnai, meluruskan, ataupun mengeriting rambut adalah alasan lain mengapa rambut menjadi cepat rontok. Bahan-bahan kimia yang ada dalam obat pelurus rambut atau pengeriting rambut terkadang membuat keseimbangan alami rambut rusak sehingga menyebabkan kerontokan.

Factor makanan juga menjadi salah satu sebab rontoknya rambut kita. Makanan yang banyak mengandung minyak dan lemak seperti gorengan dan makanan bersantan akan membuat tubuh kita memproduksi lemak berlebih yang bisa bertumpuk dan menyebabkan gangguan pada tubuh. Nah, salah satu gangguan yang terjadi akibat dari penumpukan lemak ini adalah kulit kepala yang berminyak dan berketombe. Hal ini tentunya akan berujung pada kerontokan rambut kita.

Terkadang saat kita sakit dan mengkonsumsi obat-obatan tertentu, ternyata hal ini juga dapat merontokkan rambut. Seperti halnya efek mengantuk pada obat, maka efek rambut rontok juga bisa terjadi akibat dari zat kimia yang terkandung di dalam obat-obatan tersebut. Namun, biasanya bila kita berhenti mengkonsumsi obat tersebut maka kerontokan rambut juga akan berhenti.

Kondisi kesehatan seseorang juga bisa berefek pada kerontokan rambut. Misalnya saja pada kasus ibu hamil, seringkali mengalami kasus kerontokan rambut yang parah sepanjang masa kehamilan. Hal ini dipengaruhi oleh pengaruh telogen effluvium yang dapat merontokkan rambut ibu. Namun, biasanya 3 bulan sehabis melahirkan masalah kerontokan ini akan berhenti dengan sendirinya.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut rontok parah yang mendera kita.
1. Menggunakan Lidah Buaya
Salah satu cara alami yang bisa ditempuh adalah dengan cara menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memiliki khasiat untuk membuat rambut menjadi lebih subur dan lebih tebal. Kita bisa memakai lidah buaya untuk perawatan rambut rontok dengan cara membuat masker dari cairan seperti lendir yang keluar dari lidah buaya.

Caranya yaitu cuci bersih lidah buaya terlebih dahulu, berhati-hatilah agar jangan sampai tertusuk bagian pinggirnya yang tajam. Setelah itu patahkan bagian tengahnya, pencet sampai keluar cairan seperti lendir dari dalam lidah buaya. Usap-usapkan lendir tersebut pada rambut mulai dari bagian rambut yang tumbuh di kepala sampai rambut yang berada di ujung. Lakukanlah massage sederhana pada kulit kepala untuk membantu melancarkan peredaran darah kita. Diamkan beberapa menit kemudian bilas rambut dengan air sampai bersih.

2. Mengatasi Rambut Rontok Dengan Madu
Secara turun temurun madu merupakan bahan alami yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Selain dapat mengobati batuk dan bibir kering, madu juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi rambut rontok. Caranya sangat mudah, oleskan madu pada rambut sampai merata. Berikanlah pijatan-pijatan lembut pada kulit kepala untuk membantu kita rileks sehingga nutrisi madu akan meresap lebih bagus pada rambut kita. Diamkanlah beberapa menit sampai nutrisi madu benar-benar meresap pada rambut dan kulit kepala. Bilas rambut dengan air bersih sampai tak ada madu yang menempel. Jangan lupa, lilitkanlah handuk kecil pada leher untuk berjaga-jaga agar tetesan madu tak lantas mengotori baju atau area yang lain.

3. Mongobati Rambut Rontok Dengan Memakai Putih Telur
Salah satu bahan dapur yang dapat dijadikan obat mengatasi kerontokan rambut adalah putih telur. Putih telur yang kaya akan omega 3 dan 6 ternyata sangat baik untuk pertumbuhan rambut. Selain itu, kandungan nutrisi pada putih telur juga membantu menjaga rambut dari kerusakan yang diakibatkan oleh zat-zat kimia dengan cara memperkuat folikel rambut sehingga tak mudah rontok.

Cara membuat masker rambut dari putih telur ini sangat mudah. Pilihlah 3 butir telur, untuk hasil terbaik sebaiknya gunakan telur kampung yang lebih alami. Sesuaikan jumlah telur dengan seberapa panjang rambut kita. Pisahkan bagian kuning dan putihnya pada wadah tersendiri. Kocok putih telur sampai kaku. Oleskan kocokan putih telur ini pada rambut dan kulit kepala secara merata. Tutuplah rambut dengan shower cap seperti saat kita mandi, hal ini untuk mencegah putih telur luber atau tumpah kemana-mana. Tunggu 10 sampai 15 menit sampai nutrisi putih telur benar-benar meresap pada rambut kita. Bilas rambut dengan air sampai bersih agar rambut tak berbau amis. Lakukanlah langkah ini secara rutin untuk mengatasi kerontokan rambut kita.

4. Menghilangkan Rambut Rontok Dengan Buah Alpukat
Salah satu buah yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok adalah buah alpukat. Buah alpukat kaya akan kandungan protein yang sangat bagus untuk membantu menguatkan akar rambut. Selain itu, nutrisi buah alpukat juga mampu untuk merangsang pertumbuhan rambut baru. Kita hanya tinggal menumbuk buah alpukat ini sampai halus kemudian mengoleskannya ke seluruh bagian rambut. Mulai dari pangkal rambut sampai ke ujungnya. Jangan lupa untuk mengoleskan hasil tumbukan buah alpukat ini pada kulit kepala untuk merangsang tumbuhnya rambut. Diamkan masker ini kira-kira sampai 25 menit baru bersihkan rambut dengan air dan sedikit shampoo.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Pria dan Wanita Secara Alami
5 (100%) 3 votes

aneka Kecantikan Rambut

« Previous Post
Tips Lengkap Cara Memutihkan Kulit Tubuh dan Wajah
Tips Lengkap Cara Memutihkan Kulit Tubuh dan Wajah
Next Post »
Cara Memerahkan Bibir Gelap Secara Alami dan Permanen
Cara Memerahkan Bibir Gelap Secara Alami dan Permanen

Related Post

Source : Paramudi

Artikel Informasi Kesehatan Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top