Colenak Spesial Khas Bandung


Bagi masyarakat Jawa Barat, khususnya Bandung sangat mengenal makanan ini. Meskipun sederhana, namun makanan ini sangat gurih dan lezat. Bagi yang belum pernah mendengar, tenang saja, colenak bukan makanan aneh. Pada dasarnya, colenak berasal dari singkatan dicocol enak. Tahu donk maksudnya apa? Sebelum dimakan, dicocol dulu dan rasanya enak dan gurih. Makanan ini sangat dikenal masyarakat Jawa Barat. Selain bahannya yang sederhana, resep membuat colenak gurih dan nikmat khas Bandung ini pun sangat mudah. Asalkan resep masaknya tepat, makanan ini sangatlah lezat dan gurih.
Bagi Anda yang penasaran dan ingin mencicipi makanan ini. Anda tidak perlu datang jauh-jauh ke Bandung. Masakan ini sangat mudah dibuat sendiri. Untuk membuat colenak khas Bandung, berikut bahan yang harus Anda siapkan dan cara membuat colenak khas Bandung gurih dan lezat :

Bahan yang diperlukan:
  1. Tape singkong 500 gram
  2. Kelapa parut ½ butir
  3. Gula merah iris 150 gram
  4. Gula pasir 2 sendok makan
  5. Daun pandan 4 lembar
  6. Margarin 1 sendok makan
Resep membuat colenak gurih dan nikmat khas Bandung ini sangatlah mudah. Berikut langkah membuat colenak khas Bandung:
  1. Siapkan potongan tape singkong kurang lebih 5 cm, lalu pipihkan dan bakar diatas bara api angkat jika sudah matang berwarna kecoklatan kemudian sisihkan.
  2. Campurkan kelapa parut, gula merah, gula pasir, daun pandan, margarin dan garam.
  3. Panaskan dan aduk sampai semua bahan rata dan menjadi enten.
  4. Susun potongan singkong ke dalam piring sajian lalu taburi dengan enten dan siap dihidangkan.
Sajikan colenak dalam keadaan hangat agar cita rasa dan aromanya lezat. Agar lebih menarik, Anda bisa menambahkan irisan keju. Resep membuat colenak gurih dan nikmat khas Bandung ini sangat mudah, meskipun sederhana pastinya Anda akan bangga dengan buatan sendiri.

Artikel Informasi Kesehatan Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top